Rabu 11 Sep 2024 19:29 WIB

Berencana dengan Baik

Kemampuan mengatur jadwal menjadi unsur penting yang perlu ditanamkan sejak dini.

Red: Fernan Rahadi
Prof Ema Utami dari Universitas Amikom Yogyakarta
Foto: amikom
Prof Ema Utami dari Universitas Amikom Yogyakarta

Oleh : Prof Ema Utami (Wakil Direktur Program Pascasarjana Universitas Amikom Yogyakarta)

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagian besar kampus terutama swasta di bulan September 2024 ini mulai terasa aktivitas akademiknya. Beberapa perguruan tinggi swasta yang membuka pendaftaran mahasiswa sampai di awal September ini sudah mulai mempersiapkan kedatangan mahasiswa angkatan 2024.

Berbagai program pengenalan kampus mulai dapat dirasakan auranya di kampus. Mahasiswa dengan jas almamater dengan berkalung tanda panitia tampak berlalu-lalang. Kesibukan yang menandai dimulainya perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2024/2025. Tentu tidak hanya mahasiswa baru dan para kakak tingkat sebagai panitia dengan berbagai kegiatan yang mewarnai kesibukan bulan September. Mahasiswa lama dan para dosen juga harus kembali mempersiapkan diri untuk memulai kegiatan akademik di semester ini.

Persiapan rencana studi, pengambilan mata kuliah, serta konsultasi dengan dosen wali maupun pembimbing harus mulai diatur jadwalnya. Fakultas, program studi, dan dosen juga sudah mulai mempersiapkan kegiatan atau bahkan sudah memulai kegiatan perkuliahan. Bagi para para dosen dan mahasiswa yang di bulan Agustus-September ini lolos proposal hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tentu menjadi bertambah kegiatan yang harus dipersiapkan.

Tridharma perguruan tinggi menjadi kegiatan rutin yang tidak bisa dipisahkan dari seorang dosen. Adanya pendanaan dari hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu komponen yang menjadi penilaian dari aktivitas dosen. Universitas Amikom Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki rekam jejak dipercaya untuk mendapatkan hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, baik tingkat internasional maupun nasional.