Sabtu 14 Sep 2024 15:00 WIB

Saat Nabi Muhammad Bertanya: Apa yang Kamu Minta?

Seorang sahabat ditanya Nabi Muhammad tentang apa yang dia minta.

Red: Muhammad Hafil
Kaligrafi Nama Nabi Muhammad (ilustrasi)
Foto: smileyandwest.ning.com
Kaligrafi Nama Nabi Muhammad (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sayyidina Rabiah Radhiyallohu'anhu bercerita, "Aku selalu berkhidmad kepada Baginda Rasulullah Shollollohu 'alaihi wasallam pada malam hari, Akulah yang menyediakan air wudhu, siwak, tempat sholat, dan keperluan lainnya. Suatu ketika, karena puas dengan pelayananku, beliau bertanya,

'Katakanlah, apakah yang kamu minta?' Aku menjawab, 'Ya Rasulullah, aku hanya menginginkan satu perkara, yaitu bersamamu di surga.' Beliau bertanya lagi,'Apakah ada permintaan yang lain?'Aku menjawab,'Tidak ada! Hanya itulah yang aku inginkan.' Beliau bersabda, 'Baiklah, kamu harus membantuku dengan banyak bersujud kepada Allah."' (H.R. Abu Dawud)

Baca Juga

Maulana Muhammad Zakariyya Al Khandahlawi dalam kitab Fadhilah Amal menjelaskan, kisah di atas mengandung pelajaran bahwa kita tidak boleh hanya mengandalkan doa untuk mendapatkan keinginan kita. Doa harus diiringi dengan usaha dan amalan.

Sedangkan amalan yang terpenting adalah sholat. Lebih banyak kita sholat, maka akan lebih banyak bersujud kepada Allah SWT (lebih banyak bersujud kepada Allah SWT lebih banyak peluang untuk diterimanya doa).