Selasa 17 Sep 2024 13:04 WIB

Kecanggihan yang Bisa Dirasakan Pengguna iPhone dari iOS 18

IOS 18 menawarkan sejumlah kecanggihan baru bagi pengguna iPhone tertentu.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Seseorang mengunduh iOS 18 (ILUSTRASI). Ada beberapa fitur unggulan yang bisa didapatkan di iOS 18.
Foto: Freepik
Seseorang mengunduh iOS 18 (ILUSTRASI). Ada beberapa fitur unggulan yang bisa didapatkan di iOS 18.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Apple telah merilis iOS 18, pembaruan perangkat lunak terbaru untuk perangkat iPhone. Pembaruan perangkat lunak ini pertama kali diperkenalkan saat Worldwide Developers Conference (WWDC) Juni lalu, bersamaan dengan pengumuman tentang Apple Intelligence (AI) yang ternyata belum termasuk dalam pembaruan iOS yang dirilis pada Senin. Dilansir USA Today, Selasa (17/9/2024), berikut ini fitur baru yang dibawa iOS 18:

1. Kustomisasi layar utama dan pusat kontrol

Baca Juga

Layar utama iPhone kini dapat dibuat lebih estetik. Apple akhirnya memberikan lebih banyak opsi kustomisasi untuk layar utama iPhone. Dalam pembaruan iOS 18, pengguna dapat menempatkan ikon aplikasi dan widget dengan lebih fleksibel, hampir di mana saja selama ada ruang kosong di layar. Pengguna juga dapat memperbesar ikon aplikasi dan widget, serta memilih untuk menghapus nama aplikasi yang biasanya muncul di bawah ikon.

Selain itu, ada juga opsi pewarnaan, di mana pengguna dapat menerapkan warna apa pun pada aplikasi/widget atau mendapatkan saran warna yang cocok dengan wallpaper. Mode Gelap juga kini bisa diperluas hingga ke ikon aplikasi, sehingga ikon akan otomatis menyesuaikan ketika iPhone beralih ke mode gelap atau selalu dalam tampilan gelap. Lebih banyak kustomisasi tersedia di Pusat Kontrol, seperti pengelompokkan kontrol, kemampuan untuk mengubah ukuran kontrol, tampilan galeri untuk melihat semua kontrol yang tersedia, serta dukungan lebih lanjut untuk kontrol dari aplikasi pihak ketiga.