Rabu 11 Sep 2024 10:12 WIB

Harga Ponsel Lipat Tiga Huawei 2 Kali Lipat iPhone 16, Apa Keistimewaannya?

Huawei Mate XT seharga Rp 43 juta ini dikabarkan telah menerima 4 juta PO.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Huawei Mate XT. Huawei Mate XT dibanderol dengan harga Rp 43 juta untuk memori 256 GB. Untuk memori lebih tinggi, harganya bisa mencapai hingga Rp 52 juta.
Foto: Dok. Huawei
Huawei Mate XT. Huawei Mate XT dibanderol dengan harga Rp 43 juta untuk memori 256 GB. Untuk memori lebih tinggi, harganya bisa mencapai hingga Rp 52 juta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Huawei Technologies akhirnya meluncurkan ponsel tri-fold terbaru, Mate XT, yang dibanderol dengan harga 2.800 dolar AS (sekitar Rp 43 juta). Peluncuran perangkat ini dilakukan hanya beberapa jam setelah Apple memperkenalkan lini iPhone 16.

Mate XT hadir di tengah ambisi Huawei untuk memperkuat posisinya di pasar smartphone terbesar di dunia dan melawan dominasi Apple di China. Ponsel yang dapat dilipat tiga kali seperti pintu layar akordeon itu, diperkenalkan untuk pertama kalinya pada acara peluncuran di pusat teknologi Shenzhen, Selasa (10/9/2024). Hingga berita ini dibuat, perangkat tersebut dikabarkan telah menerima lebih dari 4 juta preorder, menurut situs web perusahaan.

Baca Juga

Direktur Eksekutif Huawei, Richard Yu, mengatakan pengembangan ponsel ini memakan waktu hingga lima tahun, dengan tim yang tidak pernah menyerah untuk mewujudkannya. “Hari ini kami sekali lagi akan menulis ulang sejarah industri, mengubah fiksi ilmiah menjadi kenyataan, dan memimpin era baru perangkat lipat,” kata Yu seperti dilansir Reuters, Rabu (11/9/2024).

Selain kemampuan lipatnya yang unggul, Mate XT juga dilengkapi dengan asisten AI yang dapat merangkum dan mengedit teks, menerjemahkan, hingga mengedit gambar yang mampu memotong bagian yang tidak diinginkan dalam foto. Yu mengatakan semua fitur AI ini didukung oleh chip Kylan buatan Huawei sendiri.