Selasa 17 Sep 2024 15:26 WIB

UAI Dorong Inovasi Pendidikan Guru dengan Pembelajaran Berbasis CT

Metode pembelajaran berbasis CT dapat membantu meningkatkan kualitas pengajaran.

Red: Erik Purnama Putra
Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) menyelenggarakan pelatihan inovatif untuk guru di Yayasan Pesantren Jamiyatul Mubtadi Pagelaran, Kabupaten Pandeglang.
Foto: Republika.co.id
Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) menyelenggarakan pelatihan inovatif untuk guru di Yayasan Pesantren Jamiyatul Mubtadi Pagelaran, Kabupaten Pandeglang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) menyelenggarakan pelatihan inovatif untuk guru di Yayasan Pesantren Jamiyatul Mubtadi Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, Banten. Program tersebut berfokus pada penerapan metode pembelajaran berbasis computational thinking (CT), yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran kritis, kreatif, mandiri, gotong royong, serta membiasakan para guru dan siswa dalam mencapai tujuan yang terukur dan sistematis.

Kegiatan yang didanai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tersebut dirancang untuk melatih para guru dalam mengintegrasikan empat pilar utama berpikir kritis dalam CT, yaitu dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan algoritma. Pelatihan itu bertujuan untuk melatih guru agar mampu menerapkan cara berpikir yang terstruktur dalam menyelesaikan masalah yang kompleks di kelas.

Kepala Lembaga Penelitian, Inovasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LPIPM) UAI, Dr Yunus Effendi menekankan pentingnya inovasi dalam dunia pendidikan, khususnya bagi para guru pada era digital saat ini. Yunus menyampaikan, penerapan metode pembelajaran berbasis CT dapat membantu meningkatkan kualitas pengajaran serta kemampuan siswa dalam memecahkan masalah secara logis dan efisien.

"UAI juga menyoroti peran guru sebagai agen perubahan yang mampu mengintegrasikan teknologi dengan pendidikan, sehingga dapat mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan global," kata Yunus dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (17/9/2024).