Selasa 17 Sep 2024 15:41 WIB

RK Janjikan Sekolah Swasta Gratis, Rano Karno Pilih Berikan Beasiswa

Rano mengatakan, salah satu permasalahan pendidikan di Jakarta kurangnya ruang kelas.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Erik Purnama Putra
Calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta, Rano Karno.
Foto: Antara/Luthfia Miranda Putri
Calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta, Rano Karno.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Pramono Anung Wibowo-Rano Karno tak menjanjikan sekolah swasta gratis jika berhasil memenangkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024. Cawagub Rano Karno mengatakan, yang akan dilakukannya jika menang adalah perluasan beasiswa bagi pelajar di sekolah swasta.

Rano mengatakan, salah satu permasalahan pendidikan di Jakarta adalah kurangnya ruang kelas, terutama di sekolah negeri. Sementara jumlah siswa dan lulusan sekolah negeri pada setiap jenjangnya terus bertambah.

"Misalnya, lulusan SD (sekolah dasar) itu ada sekitar 10 ribuan. Sementara daya tampung SMP (sekolah menengah negeri) cuma delapan ribuan. Nah sisanya dua ribuan lulusan SD ini mau ke mana?" kata Rano saat ditemui di Warung Si Doel, Lebak Bulus, Jakarta Selatan (Jaksel), Selasa (17/9/2024).

Menurut Rano, kebanyakan para siswa dan orang tuanya, menghendaki anak-anak lulusan tersebut, melanjutkan pendidikannya ke sekolah negeri. Hal itu karena pendidikan di sekolah negeri tidak dipungut biaya. "Karena gratis, atau pun juga karena murah. Kan kalau swasta dia tentunya mahal," ujar Rano.