Ahad 22 Sep 2024 09:29 WIB

Timteng Panas, Iran Kenalkan Rudal Baru dan Drone Berjelajah 4.000 km, Bisa Sampai Eropa

Pesawat nirawak yang ditingkatkan ini memiliki jangkauan lebih dari 4.000 km

Red: Teguh Firmansyah
Rudal ditampilkan dalam pameran permanen di area rekreasi di Teheran utara, Iran, Jumat, Jumat (3/2/2023).
Foto: AP Photo/Vahid Salemi
Rudal ditampilkan dalam pameran permanen di area rekreasi di Teheran utara, Iran, Jumat, Jumat (3/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JALUR GAZA -- Ketegangan di Timur Tengah berada di ujung tanduk. Ketegangan itu mencapai puncaknya minggu ini setelah dugaan serangan Mossad yang menargetkan ribuan pager dan perangkat komunikasi dan elektronik rumah tangga lainnya di Lebanon. 

Di tengah ketegangan itu, Iran mengumumkan rudal balistik baru berbahan bakar padat baru yang dijuluki Jihad ('Perang Suci') pada parade militer di Teheran pada hari Sabtu untuk memperingati Perang Iran-Irak tahun 1980-1988.

Baca Juga

Dijuluki Jihad (secara harfiah berarti 'Perang Suci'), rudal tersebut dilaporkan memiliki jangkauan hingga 1.000 km, dan dirancang oleh divisi kedirgantaraan Korps Garda Revolusi Islam.

Dilansir Sputnik, Rudal tersebut merupakan salah satu dari hampir puluhan senjata serang jarak jauh buatan Iran yang tampil di parade tersebut, di antaranya Kheibar Shekan (‘Penghancur Benteng’ atau ‘Penghancur Benteng’), yang ditembakkan ke sasaran teroris di Suriah awal tahun ini, dan Khorramshahr, yang dinamai berdasarkan kota Iran dengan nama sama, Khorramshahr memiliki jangkauan hingga 2.000 km dan memiliki hulu ledak seberat 1,8 ton.