Senin 23 Sep 2024 08:51 WIB

Ini Roket yang Digunakan Hizbullah Membombardir Israel

Hizbullah tdiperkirakan memiliki cadangan roket sebanyak 130 ribu unit.

Red: Fitriyan Zamzami
Seorang pria melihat sebuah rumah yang terkena roket yang ditembakkan dari Lebanon, di Moreshet, Israel utara, pada Ahad, 22 September 2024.
Foto: AP Photo//Ariel Schalit
Seorang pria melihat sebuah rumah yang terkena roket yang ditembakkan dari Lebanon, di Moreshet, Israel utara, pada Ahad, 22 September 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT -- Unit Media Hizbullah telah  merilis video yang merinci spesifikasi roket Fadi-1 dan Fadi-2 yang diluncurkan Ahad pagi dalam tiga operasinya yang menargetkan pangkalan militer dan bandara Ramat David Israel serta kompleks industri militer Rafael di utara Haifa.

Video tersebut mengungkapkan bahwa Fadi-1 dan Fadi-2 adalah roket taktis permukaan-ke-permukaan yang digunakan dalam pemboman jarak jauh, yang berarti bahwa roket tersebut tidak dipandu secara presisi. Kedua roket tersebut mulai digunakan pada Perang Juli 2006.

Baca Juga

Menurut Media Militer Hizbullah, Fadi-1, yang dapat diluncurkan dari platform stasioner atau bergerak, digunakan untuk mengganggu rute pasokan dan pangkalan sasaran yang jauh dari garis depan dan juga digunakan dalam pemboman ekstensif untuk melumpuhkan sistem pertahanan udara. Rudal ini dilengkapi hulu ledak seberat 83 kg, kaliber 220 mm, panjang 6 meter, dan jangkauan 70 kilometer.