Kamis 26 Sep 2024 16:28 WIB

Tingkat Kepuasan Publik ke Jokowi di Jateng, Jatim, dan Sumut Tinggi

Sebanyak 86,5 persen publik di Sumut mengatakan puas terhadap kinerja Jokowi.

Red: Erik Purnama Putra
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).
Foto: Antara/Pandu Asmara Jingga
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tingkat kepuasan publik (approval rating) terhadap kinerja Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim) terbilang tinggi. Hasil sigi Poltracking Indonesia juga menemukan fakta serupa di Provinsi Sumatra Utara (Sumut).

Di Jateng, approval rating Jokowi di angka 86,5 persen dan di Jatim mencapai 87,5 persen. Adapun di Sumut mencapai 78,7 persen. Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda menjelaskan, tingkat kepuasan publik terhadap Jokowi tetap tinggi.

Baca Juga

Hal itu menandakan beragam isu dan sentimen negatif yang menimpa Jokowi tidak terlalu berpengaruh. "Sebanyak (86,5 persen) publik mengatakan puas (gabungan sangat puas dan cukup puas) terhadap kinerja Presiden Joko Widodo," kata Hanta dikutip di Jakarta, Kamis (26/9/2024).

Survei Poltracking Indonesia diadakan pada 8-14 September 2024. Metode survei menggunakan wawancara tatap muka multistage random sampling kepada 1.200 responden dengan rentan usia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Tingkat kepercayaan survei adalah 95 persen dengan margin of error 2,9 persen.