Sabtu 28 Sep 2024 13:32 WIB

Start Terdepan di MotoGP Indonesia, Jorge Martin Cetak Rekor Lap Tercepat di Mandalika

Martin memecahkan rekor waktu lap tercepat di Mandalika dengan 1 menit 29,088 detik.

Red: Andri Saubani
Pembalap Prima Pramac Racing Jorge Martin
Foto: Robert Michael/dpa via AP
Pembalap Prima Pramac Racing Jorge Martin

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK -- Pembalap Prima Pramac Racing Jorge Martin merebut pole position dalam sesi kualifikasi MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada Sabtu (28/9/2024). Martin juga memecahkan rekor waktu lap tercepat di Mandalika dengan 1 menit 29,088 detik.

Pencapaian ini memecahkan rekor Enea Bastianini (Ducati Lenovo) pada 1 menit 29,630 detik dalam sesi latihan Jumat (27/9/2024). Sesi kualifikasi di tengah lintasan Mandalika yang cukup berdebu ternyata memberikan tantangan tersendiri bagi sejumlah pembalap.

Baca Juga

Juara dunia delapan kali Marc Marquez (Gresini Racing) terjatuh dua kali saat melakoni Q2. Hal ini membuat Marquez harus memulai dua sesi balapan mendatang di Mandalika dari posisi ke-14 pada grid. Pun dengan Bastianini yang berusaha mempertahankan posisinya saat mencoba melewati tikungan pada Q2.

Di sisi lain, perjalanan Martin malah mulus. Ia finis di depan dua pembalap muda Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46) dan Pedro Acosta (GASGAS Tech3). Bezzecchi dan Acosta masing-masing terpaut 0,535 detik dan 0,583 detik dari sang pemimpin klasemen. Juara bertahan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) akan memulai balapan dari posisi keempat, dengan catatan waktu tercepat 1 menit 29,745 detik.