Selasa 01 Oct 2024 05:09 WIB

Viral Foto Khamenei Copot Jubah dan Keffiyeh, Analis: Tanda Iran Siap Perang dengan Israel

Sebuah foto bergambar jubah hitam dan keffiyeh Ali Khamenei di atas bangku viral.

Rep: Andri/ Red: Andri Saubani
Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.
Foto: EPA-EFE/SUPREME LEADER OFFICE HA
Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah foto viral di media sosial yang menggambarkan jubah dan keffiyeh Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei bertumpuk di atas sebuah bangku yang bersebelahan dengan bendera Iran. Tidak adanya Ali Khamenei dalam foto itu menjadi misteri dan memicu spekulasi di tengah eskalasi ketegangan di Timur Tengah pascaterbunuhnya pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah.

Menurut sumber Iran dikutip Al Bawaba, Khamenei pada Jumat (27/9/2024) menggelar pertemuan darurat di Teheran usai Israel melancarkan serangan udara ke markas Hizbullah di pinggiran selatan Lebanon yang menewaskan Hassan Nasrallah. Usai pertemuan itu, beredar foto jubah dan keffiyeh Khamenei bersanding dengan bendera Iran.

Baca Juga

Sebagian analis menilai, foto itu adalah kiasan dengan arti politik yang kuat merujuk pada gestur tak terduga dari pemimpin spiritual tertinggi Iran. Diduga, gestur itu sebagai indikasi dari pergeseran radikal dari posisi Ali Khamenei sebagai pemimpin spiritual menjadi komandan militer dalam rangka persiapan perang. Sebagian aktivis juga meyakini foto itu sebagai tanda Iran bersiap untuk berkonfrontasi langsung dengan Israel.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement