Rabu 02 Oct 2024 08:03 WIB

Marissa Haque Meninggal, Begini Doa Saat Muslim Bertakziah

Takziah berarti menghibur dan menyabarkan keluarga orang yang meninggal.

Red: Ani Nursalikah
Sejumlah orang meletakan bunga usai mengikuti upacara dan doa untuk mengenang korban tewas dalam insiden penembakan penonton konser di Kedutaan Besar Rusia, Jakarta, Jumat (29/3/2024). Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk solidaritas dan belasungkawa atas insiden penembakan massal yang terjadi di sebuah acara musik di gedung konser Crocus City Hall di Krasnogorsk, pinggiran barat Moskow beberapa waktu lalu.
Foto:

Doa Saat Takziah

Ketika bertakziah dianjurkan juga untuk mendoakan keluarga yang tengah berduka. Berikut doanya sebagaimana terdapat dalam kitab al-Adzkar karya Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An Nawawi:

أَعْظَمَ اللهُ أَجْرَكَ وَأَحْسَنَ عَزَاءَكَ وَغَفَرَ لمَيِّتِكَ

A‘dlamallahu ajraka wa ahsana ‘aza’aka wa ghafaraka li mayyitika

Artinya: "Semoga Allah memperbesar pahalamu, dan menjadikan baik musibahmu, dan mengampuni jenazahmu."  

Atau bisa juga ditambah dengan doa berikut sebagaimana terdapat dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim:

   إِنَّ لِلهِ تَعَالى مَا أَخَذَ وَلَهُ مَا أَعْطَى وَكُلُّ شَيْءٍ عِنْدَهُ بِأَجَلٍ مُسَمَّى فممُرْهَا فَلْتَصْبرْ وَلْتَحْتَسِبْ

Inna lillahi taala ma akhadza wa lahu ma a’tha wa kullu syai-in ‘indahu bi ajalin musamma famurha faltashbir wal tahtasib

Artinya: “Sesungguhnya Allah mahamemiliki atas apa yang Dia ambil dan Dia berikan. Segala sesuatu mempunyai masa-masa yang telah ditetapkan di sisi-Nya. Hendaklah kamu bersabar dan mohon pahala (dari Allah).”  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement