Jumat 04 Oct 2024 12:53 WIB

Geliat Ekonomi di Era Bani Umayyah

Dinasti Umayyah memerintah wilayah luas sehingga perlu manajemen ekonomi yang baik.

Red: Hasanul Rizqa
Koin emas era umayyah
Foto:

Pengembangan qadhi (hakim) menjadi jabatan profesional dengan pemberian gaji berkala dari Baitul Maal, misalnya, telah berdampak pada penataan hukum di bawah kekuasaan Bani Umayyah.

Hal ini menjadikan seorang qadhi bersifat independen dan dapat memutuskan satu perkara dengan leluasa, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan tindakan para pejabat tinggi negara.

Pembangunan perekonomian yang dijadikan sebagai salah satu pilar utama di zaman Bani Umayyah juga telah berhasil mendorong terbentuknya suatu struktur masyarakat Muslim yang tertata rapi, terutama dalam aspek kerukunan antar umat beragama.

Luasnya wilayah kekuasaan yang terhimpun saat itu berakibat pada lebih beragamnya kondisi sosial masyarakat di bawah naungan Bani Umayyah, baik dalam aspek sosial, budaya, maupun agama.

Meski demikian, peningkatan kesejahteraan yang terjadi di tengah masyarakat telah berhasil membentuk tatanan yang lebih kokoh dan ruang yang lebih terbuka bagi setiap masyarakat untuk mengambil perannya masing-masing di dalam pembangunan, dan pada akhirnya berhasil mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat di masa mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement