Ahad 06 Oct 2024 18:30 WIB

Al Jazeera Ungkap Identitas Ratusan Tentara Israel dalam Film Dokumenter

Israel dapat didakwa di Pengadilan Internasional.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Tentara Israel bekerja di pengangkut personel lapis baja (APC) di Israel utara, Senin, 30 September 2024.
Foto: AP Photo/Leo Correa
Tentara Israel bekerja di pengangkut personel lapis baja (APC) di Israel utara, Senin, 30 September 2024.

REPUBLIKA.CO.ID,YERUSALEM -- Dalam film dokumenter yang dirilis oleh Al Jazeera pada Kamis (3/10/2024), di mana kantor berita yang dikelola Qatar tersebut berupaya membuktikan kejahatan perang Israel di Gaza, nama lengkap dan unit tentara pasukan pertahanan Israel (IDF) terungkap saat menayangkan video yang dipublikasikan di akun media sosial tentara tersebut.

Film Al Jazeera berdurasi satu jam tersebut menayangkan video yang dipublikasikan ke akun media sosial tentara Israel yang teridentifikasi, menuduh tentara Israel melakukan kejahatan perang, dan mengklaim bahwa rekaman ini dapat digunakan di Mahkamah Internasional untuk membuktikan bahwa Israel melakukan kejahatan perang di Gaza.

Baca Juga

Dikutip dari laman The Jerusalem Post, Ahad (6/10/2024), film dokumenter tersebut dimulai dengan novelis Palestina Susan Abulhawa yang mengatakan kepada Al Jazeera, “Kita hidup di era teknologi, dan ini telah digambarkan sebagai genosida yang disiarkan langsung pertama dalam sejarah.”

Pembicara lain dalam film dokumenter tersebut, Youmna Elsayed, yang merupakan reporter di biro berbahasa Inggris Al Jazeera dan warga Gaza, mengatakan bahwa mereka tidak menyangka pembalasan Israel akan menjadi seperti yang terjadi.

"Fakta bahwa ada tawanan Israel di Jalur Gaza. Bukankah itu merupakan garis merah bagi Israel? Bahwa Israel akan takut pada tawanannya," spekulasinya. 

"Bahkan jika Israel ingin melewati garis merah ini, kami yakin bahwa seluruh dunia akan berdiri dan berkata tidak," mengacu pada bantuan Amerika Serikat (AS), Jerman, dan Inggris yang diterima Israel selama konflik tersebut.

Beberapa pembicara dalam film dokumenter tersebut mengklaim bahwa tentara Israel atau IDF secara sistematis menyerang warga sipil Palestina, jurnalis, dan pekerja hak asasi manusia. 

Bill Van Esveld dari Human Rights Watch mengklaim bahwa setelah Human Rights Watch memberikan koordinat mereka kepada IDF sehingga IDF dapat memastikan bahwa mereka tidak akan menyerang pekerja hak asasi manusia, IDF malah sengaja menyerang koordinat yang tepat tersebut.

Penggambaran Tentara IDF

Video yang ditayangkan dalam film tersebut menggambarkan tentara IDF menggeledah rumah-rumah di Gaza dengan gembira dan merayakan ledakan.

"Video-video ini tidak menunjukkan tentara profesional. Mereka menunjukkan tentara yang, kadang-kadang, tampak menunjukkan kurangnya disiplin diri sampai pada titik di mana orang berpikir itu bukan hanya kurangnya disiplin diri pribadi, tetapi lebih pada kurangnya disiplin diri institusional," kata Mayor Jenderal Pensiunan Angkatan Darat Inggris Charlie Herbert. 

Pakar hukum internasional Rodney Dixon KC mengatakan bahwa Israel dapat didakwa di Pengadilan Internasional karena menghancurkan properti sipil biasa di mana tidak ada sasaran militer. Di antara contoh tambahan yang dibahas adalah contoh tentara yang memeriksa laci pakaian dalam wanita Gaza, memotret diri mereka sendiri dengan pakaian dalam mereka, dan, dalam beberapa kasus, mencobanya. Mereka juga membahas IDF yang menyiksa di penjara Israel dan kemungkinan menggunakan rekaman video yang diperoleh untuk memberatkan Israel di Pengadilan Internasional. 

Perisai manusia 

Menjelang akhir film, Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Inggris Kier Starmer ditampilkan mendiskusikan Hamas yang menggunakan warga sipil sebagai perisai manusia. Setelah klip ini, Esveld mengklaim bahwa tidak ada bukti bahwa "Palestina kelompok bersenjata bersembunyi di dekat warga sipil dan tidak mengizinkan warga sipil pergi.” 

Film tersebut berpendapat bahwa karena Gaza merupakan sebidang tanah yang sangat kecil, hampir tidak mungkin bagi Hamas untuk tidak berada di dekat tempat tinggal warga sipil.

Kemudian, film tersebut mengklaim bahwa IDF memang menggunakan warga Gaza sebagai tameng manusia. Tentara Israel mengirim warga Gaza terlebih dahulu ke gedung-gedung yang dipasangi jebakan sebelum IDF masuk.

Di akhir film dokumenter tersebut, seorang anggota biro politik Hamas, Dr Basem Naim, membahas terowongan teror Hamas, yang menurutnya memungkinkan Hamas untuk bergerak di bawah tanah untuk merencanakan dan menyerang musuh.

Ia menegaskan bahwa IDF telah kehilangan kemampuan untuk mengendalikan lapangan. Salah satu pengisi suara penutup film ini adalah Yossi Mekelberg, profesor Hubungan Internasional di Chatham House.

“Pada awal perang, tujuannya adalah menghancurkan Hamas dan membawa pulang para sandera. Namun, saat ini, masih ada 120 sandera di sana, dan Hamas masih bertempur. Jadi, masalahnya sejak awal adalah menetapkan tujuan yang tidak dapat dicapai,” katanya.

Tidak ada pernyataan dari IDF yang dibagikan dalam film tersebut, dan tidak ada kritik yang ditujukan kepada Hamas. Meskipun film dokumenter tersebut menyebutkan serangan 7 Oktober, tidak disebutkan tentang para pelakunya.

Kabinet Israel dengan suara bulat memilih untuk menutup operasi Al Jazeera di Israel pada bulan Mei, dengan alasan masalah keamanan terkait perang Israel-Hamas. Kritikus keputusan tersebut berpendapat bahwa langkah ini tidak demokratis dan membatasi kebebasan pers di Israel. Larangan tersebut diperpanjang pada bulan Juli hingga 30 November.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement