Jumat 11 Oct 2024 15:43 WIB

Viral di Medsos Video Syur Pelajar di Martapura, Siswa SMP Mesum Pakai Seragam Pramuka

Dua pelajar SMA berseragam pramuka berhubungan badan layaknya suami istri.

video mesum/ilustrasi. Video mesum dua pelajar SMP di Martapura viral di media sosial.
video mesum/ilustrasi. Video mesum dua pelajar SMP di Martapura viral di media sosial.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kasus video mesum kembali hebohkan dunia pendidikan Indonesia. Setelah kasus video mesum guru dan murid di Gorontalo, kini viral video mesum sepasang pelajar SMP di Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan,

Dalam video berdurasi 3 menit 39 detik yang beredar di media sosial, sepasang pelajar SMP yang mengenakan pakaian seragam pramuka tersebut melakukan hubungan suami istri. Video esek-esek itu pun viral.

Dari informasi yang beredar, video tersebut beredar pada September 2024. Sekolah pun sudah menyelesaikan kasus tersebut dan para orang tua akhirnya memindahkan anak-anak mereka dari sekolah asal.

Dampak Psikologis

Psikolog klinis dewasa lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Nirmala Ika menekankan pendidikan seks agar terhindar dari kecanduan aktivitas seks bebas. "Pendidikan seks itu mengajarkan untuk memahami dirinya sendiri, memahami dorongan-dorongan itu dan bagaimana akhirnya mereka bisa menyalurkan dorongan-dorongan itu secara lebih sehat," ujar Nirmala, seperti dinukil dari Antara.

Menurut Nirmala, kurangnya pendidikan atau pemahaman seks bisa menjadi salah satu faktor seseorang melakukan eksplorasi aktivitas seksual yang tidak sehat. Sayangnya, sebagian orang masih merasa ketakutan atau tertutup terhadap pendidikan seks.

Banyak yang menganggap paparan terhadap seks pada usia dini akan merusak moral atau etika individu. Padahal, seks adalah bagian alamiah dari kehidupan dan tidak bisa dihindari.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement