Jumat 11 Oct 2024 23:17 WIB

Alquran Jadi Penawar Penting Gangguan Penyakit Ini Jelang Tua, Begini Penjelasannya

Alquran mempunyai sejumlah keutamaan

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Seorang anak membaca Alquran. Ilustrasi Muslim. Ilustrasi anak Muslim.
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Seorang anak membaca Alquran. Ilustrasi Muslim. Ilustrasi anak Muslim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Salah satu berkah Alquran adalah bahwa sahabat Alquran dan pembacanya diharapkan dapat menjaga akalnya dari kepikunan hingga saat-saat terakhir dalam hidupnya, sehingga ia dapat pergi ke tempat peristirahatannya dengan akal sehatnya.

Mengapa demikian? Kemungkinan ini bisa jadi kerena dua hal berikut yaitu bahwa pertama keberkahan Alquran bagi pemiliknya. Hidup bersama Kitabullah, membaca, merenungkan, menghafal, mentadabburi, menelaah dan mengamalkannya, akan memberikan keberkahan Ilahi kepada sahabatnya, yang dikhususkan bagi ahli Alquran. Dan hal ini sudah jelas dan sudah diketahui umum, karena di dalamnya terdapat keberkahan ilmu dan iman.

Baca Juga

Kedua, salah satu penyebab pikun adalah malas mengingat, akan tetapi orang yang membaca Alquran, terutama yang dibaca dalam hati dan yang ditafsirkan, ia akan selalu sibuk dengan pikiran dan ingatan, sehingga ia tidak malas.

Dan Alquranitu sendiri adalah obat dan penawar, sebagaimana ia adalah obat, insya Allah, untuk penyakit-penyakit badan, hati dan jiwa, maka ia juga obat untuk pikiran, segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam.

Tak seorang pun yang menjaga Alquran di masa tuanya kecuali Allah menjaga akalnya di masa tuanya, dan semua orang tua yang akalnya sudah pikun, saya tidak mengetahui seorang pun dari mereka yang tetap menjaga hafalan Alquran di masa tuanya.

Salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW dan periwayat hadits ternama, Abdullah bin Abbas radhiyallahu anhu menyatakan bahwa orang yang membaca Alquran tidak akan dikembalikan ke usia renta. Ibnu Abbas berkata: 

من قرأ القرآن لم يُرَدّ إلى أرذل العمر، وذلك قوله تعالى: {ثم رددناه أسفل سافلين إلاّ الذين آمنوا} "، قال: " إلاّ الذين قرأوا القرآن "

“Barang siapa yang selalu membaca Alquran, maka dia tidak akan dikembalikan ke usia tua renta. Karena itu Allah Ta’ala berfirman: 

ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ الا الذين آمنوا “Kemudian kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (yakni berusia tua renta), kecuali orang-orang yang beriman.” Ibnu Abbas berkata, “Yang dimaksud di ayat itu adalah orang-orang yang membaca Alquran.” Diriwayatkan oleh Al-Hakim (2/528) dan berkata: riwayat itu sahih.   

Dalam kitab az-Zawajir 'an Iqtirafi al-Kabair dinyatakan, "Sesungguhnya ulama tidak akan linglung.” Ini didukung oleh pernyataan Ikrimah dalam firman Allah Yang Mahakuasa dalam surat an-Nahl ayat 70: 

وَمِنْكُمْ مَنْ يُرَدُّ إلَى أَرْذَلِ الْعُمُرِ  (Dan di antara kamu ada dia yang dikembalikan ke kehidupan yang paling celaka).

Barangsiapa membaca Alquran itu sungguh tidak mencapai keadaan ini. Yang dimaksud dengan tidak pikunnya seorang ulama adalah dia tidak mencapai kepikunan orang biasa dalam kebiasaannya. 

Orang tua itu seperti anak kecil dalam segala hal keadaannya, bahkan lebih jelek darinya. Dari sinilah ulama Allah SWT terlindungi. 

Al-Qurtubi radhiyallahu anhu berkata, "Hal ini tidak terjadi pada orang mukmin, artinya demensia dan kembali ke usia yang paling sengsara, karena orang mukmin tidak terlucuti ilmunya." 

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhu bahwa dia berkata, "Hal ini tidak berlaku bagi umat Islam, karena seorang Muslim tidak akan bertambah panjang umur dan kelangsungan hidupnya kecuali dengan kehormatan di hadapan Allah, akal, dan pengetahuan."

BACA JUGA: Pernah Menang Lawan Israel, Benarkah Rasulullah SAW Sabdakan Militer Mesir Paling Kuat?

Ikrimah juga mengatakan, “Barangsiapa yang membaca Alquran, tidak akan dikembalikan ke usia yang paling sengsara sampai dia tidak mengetahui apa-apa setelah mempelajarinya.” 

Sedangkan as-Suyuti menyebutkan bahwa Abdul Malik bin Umair bahwa dia berkata, "Dulu banyak yang menyebut, manusia yang paling terjaga pikirannya adalah para pembaca Alquran.”   

Sementara itu...

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement