Jumat 11 Oct 2024 20:38 WIB

3 Surat Pendek Alquran Ini Benteng Ampuh untuk Muslim, Ini Deretan Rahasianya

Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas mempunyai sejumlah keutamaan

Surat Al-Falaq dan An-Naas
Foto: Republika/ Nashih Nashrullah
Surat Al-Falaq dan An-Naas

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA- Alquran merupakan benteng bagi Muslim yang membacanya dari segala perkara yang membahayakan di kehidupan dunia.

Guru besar tafsir dan ilmu Alquran Universitas Al-Azhar Cabang Asyuth Mesir, Syekh Mukhtar Marzuq menyarankan cara yang sederhana dan efektif untuk membentengi diri sendiri dan mencegah kejahatan.

Baca Juga

"Bentengilah diri kalian dengan surat-surat al-Mu'awwidzat (Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan an-Nas)," dikutip dari Masrawy, Jumat (11/10/2024).

Dia menyarankan untuk menjaga benteng pertahanan dengan membaca tiga surat al-Ikhlas, al-Falaq dan al-Nas setiap hari, dan menekankan bahwa ini adalah salah satu benteng pertahanan yang paling kuat.

Dia menguraikan keutamaan benteng diri dengan surah-surah tersebut.

Membaca surah-surah ini di pagi dan sore hari sebanyak tiga kali sudah cukup dari segalanya.

عن عبدالله بن حبيب قال : خرجنا فى ليلة مطيرة -ذات مطر- وظلمة شديدة نطلب رسول الله صلى الله عليه وسلم يصلي لنا قال: فأدركته فقال : قل فلم أقل شيئا ،ثم قال قل : فلم أقل شيئا ، قال :قل ،فقلت :ما أقول؟ قال قل ( قل هو الله أحد ) والمعوذتين حين تمسي وتصبح ثلاث مرات تكفيك من كل شيء )

Dari Abdullah bin Habib, ia berkata, "Kami keluar pada suatu malam yang basah dengan hujan dan gelap gulita, kami mencari Rasulullah SAW untuk sholat dengan kami. Abdullah bin Habib berkata, "Aku menemukan beliau lalu dia bersabda, "Katakanlah." Aku tidak mengatakan sesuatu. Kemudian beliau kembali mengatakan, “Ucapkanlah.”

Aku bertanya, “Apa yang harus aku ucapkan?” Beliau bersabda, “Ucapkanlah, ‘qul huwallahu Ahad’ dan ‘Al-Mu'wwidzatain’ ketika engkau akan tidur dan ketika engkau bangun tidur sebanyak tiga kali, niscaya hal itu akan mencukupkanmu dari segala sesuatu.” (HR Bukhari dan Muslim)

Syekh Mukhtar menjelaskan, pertama makna “Cukuplah bagimu dari segala sesuatu” adalah bahwa ketiga surah itu cukup bagimu dari segala sesuatu, yakni dari segala keburukan, dan makna “dari” pada “dari segala sesuatu” adalah awal, yakni dari keburukan yang pertama hingga yang terakhir, atau bisa juga sebagian dari setiap keburukan, dan bisa juga makna “dari” itu adalah meliputi kamu dari segala sesuatu yang lain.

BACA JUGA: Sadis, Jasad Puluhan Ribu Syuhada Menguap Jadi Pertikel tak Kasat Mata Akibat Bom Israel

Kedua, banyak orang yang mengeluh bahwa mereka memiliki kondisi mental yang buruk atau bahwa mereka telah disihir, dan lain-lain.

"Maka di sini kami jelaskan obatnya dari sunnah yang benar," kata dia sembari menjelaskan caranya itu seorang Muslim dapat membaca surat-surat ini di telapak tangannya dan mengusap tubuhnya setelah membaca surat-surat ini, obat yang efektif dan akan dibahas lebih lanjut, insyaAllah.

Ketiga, tidak ada alasan bagi siapa pun untuk berpaling dari benteng yang agung ini karena setiap Muslim menghafal surat-surat ini, bahkan orang yang baru masuk Islam.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement