Ahad 20 Oct 2024 06:24 WIB

Rumah Netanyahu Dibom Hizbullah, Ancaman Serius Buat Israel? Ini Kata Para Analis

Hizbullah masih intensif melakukan perlawanan terhadap Israel

Rep: A Syalaby Ichsan/ Red: Nashih Nashrullah
Peserta aksi dari komunitas Baik Berisik Bogor membawa poster bergambar Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu saat Aksi Bela Palestina di Tugu Kujang, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/9/2024). Aksi tersebut dilakukan untuk membangkitkan kambali semangat perjuangan bangsa Indonesia dalam mendukung kemerdekaan rakyat Palestina.
Foto: ANTARA FOTO/Arif Firmansyah
Peserta aksi dari komunitas Baik Berisik Bogor membawa poster bergambar Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu saat Aksi Bela Palestina di Tugu Kujang, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/9/2024). Aksi tersebut dilakukan untuk membangkitkan kambali semangat perjuangan bangsa Indonesia dalam mendukung kemerdekaan rakyat Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM-Para analis Israel sepakat bahwa pengeboman Hizbullah terhadap rumah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu di kota pesisir Caesarea pada hari Sabtu dengan sebuah pesawat tak berawak yang penuh bahan peledak merupakan titik balik dalam perang multi-front Israel dan sebuah pesan simbolis dari Iran bahwa Teheran dapat menjangkau Netanyahu dan setiap pejabat politik dan militer di Israel.

Penargetan rumah Netanyahu terjadi sekitar dua pekan setelah pengeboman markas Brigade Golani di selatan Haifa dengan pesawat tak berawak yang diluncurkan oleh Hizbullah, yang mengumumkan masuknya Hizbullah ke dalam tahap baru dalam meningkatkan konfrontasi terhadap Israel.

Baca Juga

Israel dengan cepat memberlakukan langkah-langkah keamanan terhadap para tokoh politik, militer, dan keamanan senior, dan merahasiakan pergerakan mereka di dalam negeri karena khawatir akan menargetkan keberadaan mereka

Penargetan rumah perdana menteri, yang dilihat oleh kalangan politik di pemerintahan sebagai upaya Iran untuk membunuh Netanyahu, menunjukkan bahwa sistem pertahanan Israel mengalami kesulitan dalam menghadapi drone yang diluncurkan oleh Hizbullah, dan tampaknya tidak mampu mencegatnya, terutama ketika mereka meluncurkan beberapa drone peledak pada saat yang sama, sehingga sulit untuk melacak dan memonitornya.

Para analis sepakat bahwa masalah utama bagi pertahanan Israel adalah deteksi dini drone, terutama ketika mereka terbang di ketinggian rendah dan kecepatan rendah.

Mereka menegaskan bahwa upaya sedang dilakukan oleh perusahaan industri kedirgantaraan dan militer Tel Aviv untuk mengembangkan solusi teknologi yang lebih akurat, tetapi mereka sepakat bahwa ini adalah proses yang panjang.

Mengenai tantangan teknologi, para analis mencatat bahwa drone sudah memiliki keunggulan lain: mereka lebih lambat dan mengubah arah, itulah sebabnya pertahanan udara tidak dapat mencegat sebagian besar drone Iran yang diluncurkan oleh Hizbullah ke Israel

Sebuah pesan simbolis

Mengomentari laporan media Israel, yang mengutip sumber-sumber yang dekat dengan Kantor Perdana Menteri, bahwa Iran mencoba membunuh Netanyahu, Profesor Amitzia Baraam, seorang pakar urusan Timur Tengah, bertanya: “Pawai peledak itu adalah pesan simbolis atau niat nyata untuk menyakitinya secara langsung, apakah Iran mencoba membunuh Netanyahu?”

Berbicara kepada surat kabar Maariv, Baraam menggambarkan serangan Hizbullah pada Sabtu terhadap kediaman perdana menteri sebagai bukti kemampuan Iran untuk menjangkau daerah-daerah yang dekat dengan rumah Netanyahu.

“Orang-orang Iran tahu bahwa pesawat tak berawak itu tidak akan membahayakan Netanyahu secara langsung, tetapi bagi mereka ini adalah pesan simbolis, untuk menunjukkan kemampuan menjangkau di mana saja,” katanya.

Dia menjelaskan bahwa Hizbullah siap untuk gencatan senjata, namun ahli Israel mengatakan: “Iran tidak ingin terlihat seolah-olah telah meninggalkan Hamas dan oleh karena itu menuntut berlanjutnya pertempuran di utara. Oleh karena itu, Hizbullah telah meningkatkan serangannya terhadap Israel untuk menekan pemerintah Netanyahu agar menyetujui gencatan senjata di Lebanon dan Gaza.”

Dalam hal ini...

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement