Ahad 20 Oct 2024 09:36 WIB

AHY Dengar Prabowo Umumkan Susunan Kabinet di Istana Ahad Malam

Pak Prabowo Subianto setelah pelantikan akan mengumumkan susunan kabinet secara resmi

Rep: Antara/Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menjawab pertanyaan wartawan saat tiba di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Ahad (20/10/2024).
Foto: Antara/Bagus Ahmad Rizaldi
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menjawab pertanyaan wartawan saat tiba di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Ahad (20/10/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) sekaligus Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku mendengar kabar, Presiden Terpilih Prabowo Subianto akan mengumumkan susunan kabinetnya pada Ahad (20/10/2024) malam WIB.

"Saya dengar begitu (Ahad malam), saya dengar Pak Prabowo Subianto setelah pelantikan ini juga akan mengumumkan susunan kabinet secara resmi," kata AHY saat tiba menghadiri pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Ahad.

Baca Juga

AHY menyebut, pengumuman kabinet merupakan momentum bagi pemerintahan Republik Indonesia ke depannya. Dia berharap, kabinet yang nantinya diumumkan bisa menjadi tim super yang solid dan efektif dalam menjalankan tugasnya.

AHY berharap jajaran kabinet Prabowo-Gibran adalah putra-putri terbaik yang dipilih. Termasuk dari kalangan professional dan ekspert di bidangnya, serta memiliki rekam jejak yang baik. 

"Jadi tidak hanya dari kalangan politisi tetapi juga dari kalangan professional dari dunia usaha dan dari TNI-Polri, diplomat, dan semua yang dianggap bisa menjadi bagian tim yang efektif ke depan," ujar AHY. 

AHY juga mengatakan, Partai Demokrat memiliki penilaian tersendiri terkait nama-nama yang diusulkan untuk mengisi kursi kabinet. Prabowo, kata dia , juga berharap bahwa susunan kabinet diisi oleh putra dan putri terbaik bangsa, tidak hanya dari unsur kader partai terapi juga kalangan profesional.

AHY mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang akan mengucap sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI. Dia  turut merapalkan doa kepada orang yang bakal menjadi nomor satu dan dua di republik ini.

"Semoga diberikan kekuatan, kesehatan untuk bisa memimpin rakyat Indonesia, dan tentunya kita harapkan amanah untuk bisa menjalankan semua aspirasi rakyat kita. Kami semua tentunya akan memberikan dukungan penuh kesetiaan dan tentunya bisa menghadirkan peran-peran yang bisa membantu beliau untuk menjalankan pemerintahan ke depan," kata AHY.

AHY juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden dan Wakil Presiden RI 2019–2024 Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin. "Saya tentunya mengapresiasi segala hal yang telah dicapai dengan baik. Kalau pun ada yang belum tuntas, ada yang belum baik, benar, itulah menjadi tugas bagi kita semua untuk bisa melakukan perbaikan dan penyempurnaan."

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyebut, pengumuman nama-nama menteri kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran kemungkinan dilakukan pada Ahad malam. "Nanti malam, insya Allah nanti malam. Jam-nya belum tahu, tetapi akan diumumkan oleh presiden terpilih di Istana," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Ahad.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement