Ahad 20 Oct 2024 13:27 WIB

Presiden Prabowo Naik Maung Garuda Warna Putih, Begini Spesifikasinya

Mobil produksi Pindad berkapasitas empat penumpang ini memiliki bobot 2.160 kilogram.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Prabowo Subianto naik Maung Garuda produksi PT Pindad.
Foto: Republika.co.id
Presiden Prabowo Subianto naik Maung Garuda produksi PT Pindad.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Prabowo Subianto meninggalkan Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Ahad (20/10/2024), setelah resmi dilantik. Prabowo pun memilih mengenakan kendaraan karya anak bangsa 'Maung Garuda' produksi PT Pindad dalam perjalanan menuju Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Mobil itu diiringi tiga mobil Jeep putih dan 10 motor Paspampres. Rombongan itu kemudian membentuk barisan dan jalan keluar Gerbang DPR RI sekitar pukul 12.30 WIB.

Baca Juga

Prabowo awalnya datang dengan mobil Toyota Alphard dengan pelat Kemenhan. Selanjutnya, Prabowo meninggalkan lokasi dengan mobil SUV berkelir putih tersebut yang berpelat 'Indonesia 1' untuk menuju Istana Merdeka.

Maung adalah kendaraan taktis ringan 4x4 yang ditujukan untuk mendukung operasi pertempuran jarak dekat dan jelajah medan sulit. Berdasarkan laman  resmi Pindad, Maung didesain untuk memiliki kemampuan manuver yang gesit dan handal untuk mendukung mobilitas penggunanya di berbagai medan operasi.

SUV tangguh memiliki kecepatan aman 120 kilometer per jam (km/jam), transmisi manual 6-percepatan dan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km. Maung dapat dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol senjata SS2 V4, perangkat GPS navigasi dan tracker kendaraan serta perlengkapan lainnya.

Mobil berkapasitas empat penumpang ini memiliki bobot 2.160 kilogram (kg) yang dapat dimodifikasi untuk berbagai keperluan. Namun, Maung yang dipakai Prabowo ini telah dimodifikasi bergaya Eropa dengan velg chrome. Di bagian belakang, terdapat logo 'Garuda'.

Adapun acara pelantikan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka yang berlangsung di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Ahad (20/10), selesai pada pukul 11.25 WIB. Prabowo-Gibran kemudian menjamu utusan negara sahabat.

Pelat 'Indonesia 1' awalnya dipakai mobil kepresidenan sedan Mercedes-Benz hitam yang ditumpangi Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi) saat tiba di Gedung MPR. Ketika meninggalkan lokasi, Jokowi memakai mobil Toyota Alphard hitam dengan pelat B-1339-ZZR. Usai melakukan prosesi pisah sambut di Istana Merdeka, Jokowi akan kembali ke kampung halaman di Solo, Jawa Tengah.

Jokowi menumpang pesawat TNI AU melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta. Sementara Wakil Presiden Ke-13 Ma'ruf Amin juga akan menjalani prosesi pisah sambut dengan Wapres RI Gibran Rakabuming Raka di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Ahad.  

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement