Ahad 20 Oct 2024 19:13 WIB

Alquran Ungkap Laki-laki dan Perempuan tak Sama, Sains Modern Buktikan Bedanya

Sains modern buktikan perbedaan mencolok antara laki-laki dan perempuan

Ilustrasi pria wanita. Sains modern buktikan perbedaan mencolok antara laki-laki dan perempuan
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Ilustrasi pria wanita. Sains modern buktikan perbedaan mencolok antara laki-laki dan perempuan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Alquran mengungkapkan perbedaan yang jelas antara laki-laki dan perempuan. Hal ini dijelaskan dalam Surat Ali Imran ayat 36. Allah SWT berfirman sebagai berikut: 

فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ إِنِّي وَضَعْتُهَا أُنْثَىٰ وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالْأُنْثَىٰ ۖ وَإِنِّي سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Baca Juga

“Maka tatkala istri Imran melahirkan anaknya, diapun berkata: "Ya Tuhanku, sesunguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada setan yang terkutuk."

Dalam kitab Mausu’ah al-I’jaz al-‘Ilmi fi Al-Quran wa as-Sunnah, Muhammad Ratib an-Nablusi, menjelaskan para ulama Muslim sepakat bahwa wanita sama dengan pria dalam hal kewajiban beragama, kehormatan, dan tanggung jawab.

Akan tetapi wanita tidak sama dengan pria dalam hal-hal lain, sebab mereka memiliki karakteristik dalam struktur fisik berbeda.

Demikian halnya dengan karakteristik struktur psikologis mereka, karakteristik dalam struktur sosial, dan karakteristik dalam kekuatan kognisi mereka.

Orang tua yang memiliki anak laki-laki atau perempuan, jika mengikuti gerakan, permainan, dan pola kelekatan mereka, akan melihat perbedaan ini.

Anak perempuan, pada usia dini, memiliki minat, kecenderungan, dan aspirasi yang tidak sama dengan adik laki-lakinya, meskipun tanda-tanda maskulinitas dan femininitas belum muncul.

Para psikolog, terutama psikolog anak dan remaja, mengakui bahwa perempuan memiliki karakteristik selain karakteristik fisik biologis, di samping fakta bahwa tubuh perempuan dan tubuh laki-laki jelas berbeda.

Dia menjabarkan pendapat beberapa ilmuwan tentang perbedaan material dan fisik yang tepat antara wanita dan pria. Seorang ilmuwan medis mengatakan setelah penelitian panjang yang telah dia dokumentasikan dalam buku-buku terakreditasi:

BACA JUGA: Jamuan Makan Malam Terakhir, Perpisahan Mengenaskan Pasukan Elite Golani Israel

“Perawakan wanita di semua ras lebih pendek daripada pria: “Tinggi badan wanita pada semua ras lebih pendek daripada tinggi badan pria, dan perbedaan rata-rata pada pertumbuhan penuh adalah sepuluh sentimeter.

Begitu juga dengan berat badannya. Kerangka wanita lebih ringan daripada kerangka pria, dan struktur kerangkanya membuatnya kurang mampu bergerak dan berpindah tempat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement