Kamis 24 Oct 2024 12:35 WIB

Raksasa Tekstil PT Sritex Dinyatakan Pailit

Sritex dan anak perusahaannya dinyatakan lalau dalam memenuhi kewajibannya.

Rep: Kamran Dikarma / Red: Satria K Yudha
Suasana pabrik Sritex di Sukoharjo, Solo, Jateng. Sritex dinyatakan pailit oleh PN Semarang.
Foto: Antara
Suasana pabrik Sritex di Sukoharjo, Solo, Jateng. Sritex dinyatakan pailit oleh PN Semarang.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Perusahaan tekstil PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL) atau Sritex dinyatakan pailit oleh Pengadilan Negeri (PN) Niaga Semarang. Hal tersebut termaktub dalam putusan dengan nomor perkara 2/Pdt.Sus-Homologasi/2024/PN Niaga Smg. 

Sidang putusan digelar di ruang R.H. Purwoto Suhadi Gandasubrata,S.H. pada Senin (21/10/2024). Sidang dipimpin Hakim Ketua Moch Ansor. Dalam perkara tersebut, pihak pemohon adalah PT Indo Bharat Rayon. Sementara pihak termohon tidak hanya PT Sritex, tapi juga anak perusahaannya, yaitu, PT Sinar Pantja Djaja, PT Bitratex Industries, dan PT Primayudha Mandirijaya. 

Baca Juga

"Menyatakan PT Sri Rejeki Isman, PT Sinar Pantja Djaja, PT Bitratex Industries, dan PT Primayudha Mandirijaya pailit dengan segala akibat hukumnya," demikian petitum yang dipublikasikan di Sistem Informasi Penulusaran Perkara PN Semarang. 

Dalam putusan tersebut, PT Sri Rejeki Isman, PT Sinar Pantja Djaja, PT Bitratex Industries, dan PT Primayudha Mandirijaya dinyatakan telah lalai dalam memenuhi kewajiban pembayarannya kepada pemohon berdasarkan Putusan Homologasi (Pengesahan Rencana Perdamaian) tanggal 25 Januari 2022. 

"Menyatakan batal Putusan Pengadilan Niaga Semarang Nomor No. 12/ Pdt.Sus-PKPU/2021.PN.Niaga.Smg Tanggal 25 Januari 2022 mengenai Pengesahan Rencana Perdamaian (Homologasi)," demikian bunyi petitum lain dari perkara antara PT Sritex dan PT Indo Bharat Rayon. 

Humas PN Semarang Kelas IA Khusus, Haruno Patriadi, mengonfirmasi putusan pailit terhadap PT Sritex. "Kebetulan saya diangkat sebagai hakim pengawasnya," ungkap Haruno ketika dihubungi via telepon, Kamis (24/10/2024). 

Haruno menjelaskan, setelah putusan pailit tersebut, akan ada beberapa hal yang dilakukan para pihak. "Nanti ada pemberesan, ada pertemuan, membahas pencocokan atau verifikasi utang. Verifikasi utang, verifikasi pajak," ucapnya. 

Namun, Haruno tidak mengetahui besaran utang PT Sritex. "Kalau ditanya itu (berapa utang PT Sritex), saya harus buka data ulang," ujarnya. 

"Apakah tergugat atau termohon (mengambil) upaya hukum, sepertinya akan mengajukan kasasi," tambah Haruno.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement