Ahad 27 Oct 2024 13:51 WIB

Mahasiswa Undip Latih Siswa SD Menabung Sejak Dini

Menabung merupakan salah satu kegiatan yang dapat diajarkan sejak dini.

Mahasiswa KKN-T Undip berfoto bersama dengan para siswa dan guru SDN Sukorejo.
Foto: Istimewa
Mahasiswa KKN-T Undip berfoto bersama dengan para siswa dan guru SDN Sukorejo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Diponegoro (Undip) menggelar kegiatan edukasi bagi siswa sekolah dasar (SD). Program bertajuk “Edukasi Menabung Sejak Dini dan Mewarnai Celengan” diadakan di SD Negeri Sukorejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024).

Menabung merupakan salah satu kegiatan yang dapat diajarkan sejak dini. Dengan membiasakan menabung sejak dini, menjadikan siswa terbiasa dalam menyisihkan uang dan menjadi pribadi yang memiliki rasa tanggung jawab. Menabung juga mengajarkan untuk menghargai uang, mengatur keuangan, dan juga melatih hidup hemat.

Salah satu mahasiswa KKN-T Universitas Diponegoro 2024, Shakila Nurseptia Basri dari Program Studi Ekonomi Islam berharap kegiatan ini dapat menanamkan kesadaran dan kebiasaan menabung pada anak-anak sejak usia dini. “Menabung bukan hanya tentang menyimpan uang, tapi juga mengajarkan anak-anak tentang kedisiplinan, tanggung jawab, dan bagaimana mereka bisa mengatur uang untuk masa depan mereka,” ujarnya.

Selain edukasi menabung, kegiatan ini juga melibatkan aktivitas mewarnai celengan. Setiap siswa diberi celengan untuk dihias sesuai kreativitas masing-masing. “Mewarnai celengan adalah cara mengajak anak-anak untuk lebih semangat menabung. Dengan memiliki celengan hasil karya mereka sendiri, diharapkan anak-anak lebih termotivasi untuk menabung,” kata Shakila.

Kegiatan ini disambut hangat oleh para guru dan siswa di SD Negeri Sukorejo. Para guru juga mendukung penuh upaya KKN-T Universitas Diponegoro dalam membentuk kebiasaan baik pada anak-anak di usia muda.

Salah satu siswa, Nicholas, kelas 4 SD, merasa senang dengan adanya kegiatan ini, “Aku senang belajar menabung hari ini, kegiatan belajarnya juga sangat seru jadi menambah semangat menabung di celengan ini dan pesannya terima kasih untuk kakak-kakak KKN-T Universitas Diponegoro atas pembelajaran mengenai menabung di usia dini."

Kegiatan edukasi menabung ini diharapkan dapat memberi manfaat jangka panjang bagi para siswa SD Negeri Sukorejo dan membantu mereka memahami pentingnya pengelolaan uang serta membentuk kebiasaan menabung yang berguna di masa depan. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat terus dilanjutkan dan dikembangkan agar semakin banyak anak-anak yang teredukasi tentang pentingnya pengelolaan keuangan sejak usia dini.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement