REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menyebutkan tingkat kepuasan pemustaka terhadap layanan Perpusnas pada 2024 berada pada skor 3,84 setara dengan kategori A atau sangat baik. Skor tersebut didapat berdasarkan survei kepuasan masyarakat (SKM) yang bekerja sama dengan PT Indekstat Konsultan Indonesia.
Kepala Pusat Layanan Jasa Informasi Perpusatakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara Perpusnas RI, Suhartoyo, mengatakan hasil pada tahun ini meningkat sejumlah 0,21 poin dari tahun sebelumnya. Peningkatan skor pada tahun 2024 menjadi yang tertinggi selama pelaksanaan pengukuran SKM dalam kurun waktu 6 tahun terakhir. "Kepuasan pemustaka adalah salah satu tujuan utama yang harus dijadikan target," kata Suhartoyo dalam siaran pers, Rabu (18/11/2024).
Peningkatan skor kepuasan secara agregat ini juga diikuti oleh skor kepuasan pada setiap 26 layanan. Secara keseluruhan 26 layanan yang menjadi objek survei mendapatkan skor pada kategori A atau Sangat Baik.
Ferli Elnumeri selaku Pembina Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISIPPI) menyampaikan apresiasi terhadap perkembangan tingkat kepuasan tehadap Perpusnas RI. Dia menekankan pentingnya pengembangan layanan satu pintu untuk memudahkan pemustaka dalam mengakses layanan yang berada di lantai atas atau yang berada di Perpustakaan Salemba, sehingga dapat meningkatkan tren positif terhadap kepuasan terhadap perpustakaan nasional.
Pustakawan Perpustakaan Universitas Brawijaya Kurniasih Yuni berharap Perpusnas dapat berkolaborasi dengan unviersitas untuk menjadikan mahasiswa sebagai fasilitator dalam mendukung layanan kepada Pemustaka serta menjadi media pembelajaran bagi mahasiswa.