REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG-- PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk terus berupaya mendukung perkembangan UKM di era digitalisasi, salah satunya dengan menyelenggarakan webinar bertajuk “Upgrade Bisnis UKM dengan Solusi digital”. Kegiatan yang digelar secara daring ini dihadiri oleh ratusan peserta dari Banten, Jabotabek dan Jawa Barat (Jabar). Webinar ini digelar, untuk membantu para pelaku UKM meningkatkan bisnisnya dengan memanfaatkan berbagai solusi digital.
Menurut Executive Vice President Telkom Regional II, Edie Kurniawan, banyak kesempatan bagi para pelaku UKM untuk berkembang menjadi bisnis yang mampu bersaing secara global melalui adopsi digital. “Saat ini, perkembangan UKM di Indonesia sangat positif dan bahkan berkontribusi dalam menekan laju inflasi. Faktanya, 99 persen pelaku usaha di Indonesia merupakan UKM, yang menunjukkan betapa besar peran mereka dalam perekonomian nasional. Dengan memanfaatkan teknologi digital, UKM dapat mempercepat inovasi, meningkatkan daya saing, serta menembus pasar yang lebih luas,” ujar Edie, dalam keterangan resminya, Jumat (14/2/2025).
Sejalan dengan semangat ini, Edie Kurniawan mengungkapkan bahwa UKM memiliki peran besar dalam perekonomian Indonesia. Dengan adopsi teknologi digital, akses permodalan yang lebih mudah, serta dukungan regulasi pemerintah, UKM di Indonesia dapat semakin berkembang. “Telkom senantiasa berkomitmen untuk mendukung UKM dari Sabang sampai Merauke melalui konektivitas digital, sehingga para pelaku usaha dapat tumbuh dan bersaing di era digital,” kata Edie.
Plt Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jabar, Yuke Mauliani Septina, turut hadir dan memberikan dukungan kepada para pelaku usaha dalam mengadopsi teknologi digital. Yuke menjelaskan, Banten, Jakarta, dan Jabar termasuk dalam lima besar provinsi dengan indeks daya saing digital tertinggi di Indonesia. Ia menambahkan, diperlukan kolaborasi dari berbagai pihak untuk mendukung digitalisasi dalam bisnis UKM.
“Dengan adanya kolaborasi dan sinergi ini, diharapkan UKM di Indonesia dapat naik kelas dan semakin kompetitif di era digital, selaras dengan kerangka visi Indonesia Digital tahun 2045,” katanya.
Webinar ini menghadirkan Fildzah Shabrina, pelaku bisnis bidang kuliner yang berbagi pengalaman dalam memanfaatkan teknologi digital untuk membangun bisnisnya. Peserta, diberikan wawasan praktis mengenai pemanfaatan platform digital, tips melakukan pemasaran online, serta kiat-kiat membuat konten di media sosial. Langkah-langkah ini, menjadi kunci bagi UKM dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan daya saing mereka.