Kamis 15 May 2025 07:23 WIB

Bank Muamalat Permudah Kurban Lewat Aplikasi, Transaksi Digital Tembus 90 Persen

Aplikasi Muamalat DIN hadirkan kemudahan ibadah kurban digital bagi nasabah.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ahmad Fikri Noor
Ilustrasi penggunaan Muamalat DIN.
Foto: Dok Republika
Ilustrasi penggunaan Muamalat DIN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mempermudah nasabah melaksanakan ibadah kurban melalui fitur Kurban Online di aplikasi Muamalat DIN. Langkah ini sekaligus memperkuat komitmen digitalisasi layanan syariah di tengah dominasi transaksi digital yang telah mencapai lebih dari 90 persen.

“Berdasarkan data yang kami miliki, sudah lebih dari 90 persen transaksi nasabah Bank Muamalat dilakukan secara digital. Kampanye Kurban Online berpotensi besar untuk menarik minat calon pekurban, terutama dari kalangan anak muda,” kata Direktur Bank Muamalat Karno, Rabu (14/5/2025).

Baca Juga

Fitur Kurban Online memungkinkan nasabah memilih jenis dan bobot hewan kurban secara praktis, aman, dan menenteramkan. Harga kambing atau domba ditawarkan mulai Rp 1,49 juta dan sepertujuh sapi mulai Rp 1,89 juta dalam program flash sale yang berlaku hingga 31 Mei 2025.

Pada Kurban Online tahun lalu, sebanyak 81 persen pekurban memilih kambing atau domba, sementara 19 persen memilih sapi. Bank Muamalat juga mencatat 65 persen dari mereka mempercayakan penyaluran kurban melalui Baitulmaal Muamalat (BMM).

“Insya Allah, para LAZ yang bermitra merupakan lembaga yang amanah dengan cara penyaluran kurban yang inovatif dan memberi dampak sosial yang baik kepada masyarakat,” ujar Karno.

Tahun ini, Bank Muamalat menggandeng lima lembaga amil zakat (LAZ) dalam layanan ini, termasuk BMM. Jumlah mitra akan ditambah menjadi delapan dengan hadirnya tiga LAZ baru. Penyaluran hewan kurban dapat dilakukan ke berbagai wilayah, termasuk Palestina dan daerah terpencil di Indonesia.

Daging kurban disalurkan dalam berbagai bentuk olahan, seperti frozen, rendang kaleng, hingga bentuk inovatif lainnya.

“Fitur Kurban Online merupakan bentuk perhatian Bank Muamalat terhadap aspek spiritual nasabah. Dengan visi baru Menjadi Jalan Hijrah Menuju Berkah, bank pertama murni syariah di Indonesia ini ingin fasilitas Kurban Online mentransformasi ibadah kurban nasabah menjadi praktis, aman, dan menenteramkan,” ucap Karno.

Untuk membeli hewan kurban, nasabah cukup masuk ke aplikasi Muamalat DIN melalui menu Beli/Bayar, kemudian memilih Hijrah Amal dan klik Kurban Online. Setelah itu, nasabah memilih LAZ, hewan kurban, serta memasukkan nama pekurban dan alamat surel untuk laporan pelaksanaan kurban.

Menurut Karno, layanan ini merupakan bagian dari visi baru Bank Muamalat. “Bank Muamalat bertekad menjadi solusi hijrah terdepan bagi ekosistem bisnis dan keuangan syariah dengan kinerja keuangan yang berkelanjutan untuk mencapai keberkahan,” kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement