Rabu 05 Jan 2011 05:40 WIB

LTE: Mengantarkan Bangsa ke Era Real Broadband

Red: taufik rachman
Ujicoba seluler generasi ke empat (4G) dengan long term evolution (LTE)
Foto: telkomsel
Ujicoba seluler generasi ke empat (4G) dengan long term evolution (LTE)

Menikmati video streaming tiga dimensi (3D) dari ponsel bukan lagi impian. Dalam waktu dekat ini kita bisa menikmati video streaming tiga dimensi melalui akses internet bergerak berkecepatan tinggi (mobile broadband).

Implementasi teknologi long term evolution (LTE) memaungkinkan kita bisa menikmati layanan video streaming high definition, seperti video streaming tiga dimensi. Pada uji coba LTE di Jakarta, tadi siang, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, bersama dengan Direktur Utama Telkomsel, Sarwoto Atmosutarno, dan Direktur Perencanaan dan Pengambangan Telkomsel, Herfini Haryono, menikmati video streaming tiga dimensi.

Mengenakan kaca mata tiga dimensi, ketiganya menyaksikan video tiga dimensi yang ditayangkan sebuah situs dan diakses melalui internet berkecepatan tinggi.  Tifatul menikmati tayangan itu sekitar lima menit, dilanjutkan dengan ujicoba game online.Sebelumnya Menkominfo juga menyaksikan demo unduh data berkecepatan tinggi.

Tifatul tampak puas dengan keberhasilan Telkomsel melakukan uji coba LTE yang pertama di Indonesia. Sekadar mengingatkan, LTE merupkan evolusi dari teknologi seluler generasi ketiga. LTE sendiri merupakan salah satu rumpun dari teknologi seluler generasi ke empat (4G).