REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA— PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mengembangkan platform alat bayar untuk digital content dengan cara memotong pulsa bagi pelanggan Telkomsel yang dikelola oleh Metranet.
“UPoint dapat membantu gamer dalam bertransaksi sehingga tidak perlu repot lagi datang ke toko untuk membeli voucher permainan,” Chief of Telkom DDB Accelerator Achmad Sugiarto dalam rilisnya, Jumat (6/3).
Caranya dengan mengirim kode SMS ke 98000 ataumelalui *900*80# dari nomor Telkomsel.
"Game publisher pun bisa menekan biaya produksi dan distribusi voucher sehingga jauh lebih efisien," sahutnya.
Kemudahan itu ditawarkan karena Telkom ingin menikmati besarnya kapitalisasi pasar industri game online Indonesia yang mencapai 100 juta dolar AS atau lebih dari Rp 1,3 triliun setiap tahunnya.
UPoint bisa juga digunakan untuk industri e-publisher (digital content) lainnya.Misalnya, e-video publisher, e-music publisher. Sampai saat ini, UPoint sudah dipakai di 32 e-publisher.
Ia mengklaim, sejak 2013 hingga 2014 pertumbuhan UPointmencapai 1.000% dengan jumlah transaksi mencapai 12.500 setiap bulan dari seluruh publisher.
Kehadiran UPoint diharapkan mampu menembus sekitar 20% dari pasar industri game online Indonesia.
"Yang paling menggiurkan adalah game publisher. Makanya kami akan akselerasikan sekencang-kencangnya," ungkap Anto.
Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) Kreon Jacy Kim menambahkan, pasar game online akan semakin menjanjikan.
Telkomsel UPoint dapat digunakan untuk game-game dari Gemscool seperti Lost Saga, Dragon Nest, Yulgang, Tales Hero, Atlantica, dan lainnya.