Ahad 27 Sep 2015 03:45 WIB

Facebook, Jejaring yang Membuat 'Gagal Move On'

Rep: c30/ Red: Dwi Murdaningsih
Facebook
Foto: hardware.com
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Facebook menjadi salah satu 'alat' untuk mengintai kehidupan di masa lalu. Namun, Anda harus berhati-hati menggunakan Facebook. Sebuah riset baru-baru ini mengungkapan Facebook akan membuat Anda gagal 'move on' dari kisah Anda di masa lalu bersama pasangan. Apalagi, jika sebelum hubungan spesial berakhir, Anda sering mengunggah status dan juga foto-foto pada akun Facebook Anda.

Dilansir dari tech.firstpost, Sabtu (24/9), setelah hubungan putus, Facebook sering kali menjadi alat bagi sebagian orang untuk menguntit mantan atau masa lalunya. Padahal, apa yang dilakukan tidak berguna justru semakin membuat Anda terluka dan sulit untuk melupakan kenangan yang terlanjur terukir lebih dulu.

Menang, jejaring sosal ini membuat Anda dapat memonitor status dan juga kegiatan yang dilakukan oleh mantan pasangan Anda. Namun, hal ini bisa semakin membuat kalut pikiran dan suasana hati Anda. Riset ini menyarankan sebaiknya Anda berhenti melakukan kegiatan menguntit Facebook mantan jika ingin suasana hati menjadi lebih baik.

"Faktor psikologis yang belum menerima bagaimana hubungan berakhir sering kali membuat salah satu dari pasangan ingin terus memantaunya, mengawasinya secara online," ujar Jesse Fox, dari Universitas Ohio State Colombus.