Selasa 20 Oct 2015 13:03 WIB

Tiga Mesin Pencari yang tak Melacak Anda Seperti Google

Rep: C11/ Red: Winda Destiana Putri
DuckDuckGo
Foto: Foxnews
DuckDuckGo

REPUBLIKA.CO.ID, Apabila Anda menginginkan informasi atau menemukan sesuatu secara online, kemungkinan besar Anda akan memilih mesin pencarian, Google.

Meskipun Google sebagai pencarian terbesar, namun ini tidak begitu baik untuk privasi Anda. Menghemat pencarian, scan Gmail, melacak lokasi, membuat semua yang anda katakan 'OK Google' dan banyak lagi.

Adapun Google memata-matai anda sebagian besar untuk memberikan layanan yang berguna bagi Anda. Tetapi ini juga dilakukan untuk melayani Anda dengan iklan yang ditargetkan. Google sendiri memiliki jaringan iklan digital DoubleClick, yang melayani iklan berdasarkan minat.

Selain untuk menargetkan iklan secara terang-terangan, Google juga menyaring hasil untuk Anda berdasar riwayat pencarian yang ada. Dengan Filter Bubble, artinya Anda dan anggota keluarga dapat mencari istilah yang sama tetapi dengan hasil yang berbeda.

Berdasarkan pemberitaan Foxnews, Senin (19/10) jika Anda bosan dengan Google dan menginginkan privasi yang lebih, disini Anda bisa mendapatkan tiga situs pencarian yang tidak akan melacak Anda.

DuckDuckGo

DuckDuckGo adalah pengganti Google yang tidak akan melacak atau menargetkan alamat IP atau riwayat penelusuran. Anda tidak perlu khawatir tentang hasil pencarian yang ditargetkan atau terjebak dalam filter bubble, yang sebenarnya berarti anda mendapatkan hasil yang lebih.

Yippy

Terkadang saat Anda tengah mencari informasi bersama dengan anak, muncul adanya pop up di layar komputer dengan konten yang tidak aman. Dan untungnya, dengan mesin pencarian Yippy, secara otomatis akan mendeteksi blok konten dewasa, termasuk pornografi, situs perjudian, seks dan situs-situs lain yang tidak sesuai untuk anak-anak. Situs ini juga melindungi privasi Anda, dengan tidak mengumpulkan informasi pribadi, seperti nama, nomor telepon, alamat dan alamat e-mail.

Ixquick

Ixquick menyebut dirinya situs pencarian pribadi yang paling mendunia. Melalui situs ini, tidak akan merekam alamat IP Anda, informasi peramban atau riwayat pencarian, sehingga pengiklan tidak bisa melacak Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement