Rabu 13 Apr 2011 17:47 WIB

Ini Dia Para Pengembang Sukses di Ovi Store

Barking Seed
Barking Seed

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Makin banyak saja pengunduh applikasi atau konten di Ovi Store, toko konten dan aplikasi virtual yang dikembangkan Nokia. Sukses ini, tentu saja menggambarkan sukses yang berhasil diraih para pengembang aplikasi dan konten, seperti Breakdesign, Gadda Headz dan Moodagent yang berhasil membukukan jumlah pengunduhan tinggi dalam waktu singkat.

Pengembang Singapura: Breakdesign, misalnya. Pengembang ini membuat situs Barking Seed sebagai sebuah komunitas independen mobile gaming yang dibentuk untuk para pemain yang menggunakan perangkat Nokia Symbian dan Series 40.

Situs tersebut mencatat para pemain dengan skor tertinggi, memungkinkan para pemain untuk bertanding dengan pemain terbaik lainnya di seluruh dunia, dan menjalankan lomba untuk memenangkan berbagai perangkat Nokia atau aksesorisnya.

Hanya dalam satu tahun, Breakdesign telah mencapai lebih dari 6,5 juta download dan memiliki lebih dari 70.000 anggota di lebih dari 170 negara. Beberapa game flash terbaik yang dapat ditemukan di Barking Seed adalah That Roach Game South Africa, Ninjani – Emperors Revenge, dan Dawn of the Fly Chapter 1 and 2.

Pengembang Gedda-Headz, dari Denmark, membangun sebuah komunitas sosial mobile game untuk Java di perangkat Nokia. Game tersebut menyatukan antara pertempuran antar pemain dan kemampuan berkomunikasi dalam game (in-game chat) yang memberikan sebuah pengalaman mobile game unik.

Skor tertinggi dan kedudukan pemain ditentukan oleh permainan mereka dan pengalaman tersebut dapat ditingkatkatkan dengan pembelian barang virtual. Berdasarkan data Ovi Store, Gedda-Headz telah didownload lebih dari 1,3 juta di lebih dari 190 negara.

Moodagent, dikembangkan oleh Syntonetic, juga dari Denmark, merupakan sebuah aplikasi mobile musik cerdas yang menggunakan teknologi komputasi awan untuk secara otomatis memilih musik dan membuat playlist berdasarkan mood pengguna.

Hal ini juga memungkinkan mereka untuk berbagi suasana hati dan musik mereka dengan jaringan sosial mereka dalam Facebook dan Twitter. Untuk saat ini, jumlah pengguna Nokia Moodagent telah mencapai lebih dari 4 juta dari Ovi Store dan jumlah lagu dari pengguna Nokia di Moodagent sudah mencapai lebih dari 4 miliar.

Kedua angka tersebut diharapkan bertumbuh seiring dengan ketersediaannya untuk perangkat Series 40 terbaru dan nantinya Moodagent 3.0 akan segera dirilis dengan semua fitur yang sama dengan aplikasi aslinya, ditambah fitur rekomendasi musik.

"Dengan meningkatnya frekuensi konsumen yang mengunduh konten Ovi Store secara berkelanjutan, pengembang memiliki kesempatan langsung untuk menjangkau konsumen di seluruh dunia dan memanfaatkan sekitar 150 juta perangkat Symbian yang kami rencanakan didistribusikan dalam beberapa tahun mendatang," kata Tero Ojanpera, Executive vice President of Services and Developer Experience, Nokia.

Ia menegaskan bahwa momentum itu menunjukkan selera konsumen akan aplikasi Nokia  secara global maupun aplikasi lokal yang relevan. '' Hal ini akan membantu kami dalam mengembangkan pengalaman apps store di masa mendatang untuk perangkat Symbian yang baru dan disempurnakan, dan juga smartphone Nokia yang dikembangkan dari kolaborasi Nokia dengan Microsoft," kata Tero.

 “Ovi Store Nokia telah memberikan Angry Birds kami kesempatan untuk mengalahkan babi hijau perusak dan berbagi kesenangan menyelesaikan tiap level game di seluruh dunia,” ujar Mikael Hed, CEO Rovio. “Kami menantikan perkembangan terbaru untuk perangkat Symbian serta kerja sama dengan Nokia dan platform Windows Phone di masa mendatang.”

''Dalam satu tahun, Ovi Store dari Nokia mengalami peningkatan dari sekitar 1 juta download per hari menjadi 5 juta download per hari, dan kecepatan pertumbuhannya terus meningkat, sebagai besar didorong oleh Series 40 dan perangkat-perangkat Symbian baru,” kata Josh Martin , senior analyst, Strategy Analytics.

Ia menambahkan, dengan situasi saat ini, yaitu hampir 2 miliar aplikasi didownload per tahun dan dengan strategi baru Nokia, pengembang aplikasi tentunya dapat mengambil keuntungan dari pertumbuhan saat ini dan di masa mendatang, dimana Nokia akan mendistribusikan sekitar 150 juta perangkat Symbian.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement