REPUBLIKA.CO.ID, MOUNT VALLEY - Hari ini bisa dibilang kian banyak bisnis, mulai toko, situs konten, hingga mesin pencarian vertikal, bergantung pada sistem 'real estate' yang muncul dalam laman-laman hasil pencarian Google.
Alasan itu, pula, perusahaan saat ini begitu diawasi ketat oleh kantor anti-monopoli.
Tapi yang terjadi di lapangan tak terlalu menggembirakan. Bila anda lihat gambar di bawah, dikeluarkan lewat analisa Daring Fireball (perusahaan yang khusus menganalisa perbandingan konten situs), ada perbandingan dua potongan laman hasil pencarian oleh Google.
Gambar pertama diambil pada tahun 2008, menampilkan porsi dari situs-situs non-Google. Sedangkan gambar berikutnya ialah potongan tahun 2012, monopoli Google lebih terasa di situ.
Bisa dilihat bagaimana 'berisik'nya potongan laman 2012 dengan iklan-iklan Google dan konten pribadi perusahaan itu.
Berdasar gambar itu ada kepastian jelas. Perubahan itu berarti menyingkirkan banyak bisnis non-Google dan memprioritaskan milik Google sendiri.