Senin 03 Nov 2014 04:31 WIB

Tiga Keunggulan Inbox Baru dari Gmail

Gmail
Gmail

REPUBLIKA.CO.ID, Baru-baru ini Google meluncurkan produk terbarunya bernama Inbox. Inbox ini namun diklaim berbeda dengan fitur inbox dalam Gmail.

Mulai 22 Oktober lalu Google sudah mengirimkan undangan kepada pengguna-penggunanya untuk mencoba Inbox, sekaligus mengundang teman-teman mereka.

Bagi pengguna yang belum mendapatkan undangan itu dan ingin mencoba Inbox, silakan berkirim email ke [email protected] untuk mendapatkan undangannya.

Apa bedanya dengan inbox pada Gmail? Berikut kelebihan-kelebihan yang ditawarkan Google melalui Inbox:

1. Bundles

Inbox akan secara otomatis mengorganisir pesan atau email-email yang masuk. Sebagai contoh, kuitansi-kuitansi semua pembelian atau laporan bank akan dikelompokkan bersama dengan rapi sehingga pengguna bisa dengan cepat meninjau atau menemukan kembali saat diperlukan.

Pengguna bahkan bisa mengatur Inbox untuk beradaptasi dengan cara kerja pengguna, dengan memilih email yang ingin dilihat dan mengelompokkannya bersama.

Inbox telah mengembangkan kategori-katogori yang sudah dikenalkan Google pada Gmail tahun lalu.

2. Highlights: info penting sekilas

Inbox akan secara otomatis menyoroti informasi penting dalam pesan penting, seperti info penerbangan, acara, foto dan dokumen yang dikirim via email oleh teman atau keluarga.

Inbox bahkan akan menampilkan informasi yang berguna dari web yang tidak ada di email, seperti status real time penerbangan dan pengiriman paket.

Highlights dan Bundles akan bekerja sama untuk memberikan informasi yang benar-benar dibutuhkan dalam sekejap.

3. Reminders, Assists, dan Snooze

Inbox akan membuat lebih mudah untuk fokus pada prioritas dengan memungkinkan pengguna menambahkan Reminders (pengingat) sendiri mengenai hal-hal yang akan dilakukan.

Selain membantu mengingatkan mengenai agenda pengguna, Inbox juga menyediakan Assists (bantuan) berupa potongan informasi berguna yang mungkin diperlukan pengguna.

Misalnya, jika pengguna menuliskan pengingat untuk menelpon toko hardware, Inbox akan menyediakan nomor telefon toko dan memberitahu pengguna saat diperlukan.

Assists bekerja untuk email pengguna juga. Jika pengguna membuat reservasi restoran online, Inbox akan menambahkan peta pada email konfirmasi. Ketika memesan tiket penerbangan online, Inbox akan menyediakan link untuk check-in.

Ketika pengguna dalam keadaan sibuk atau sedang fokus pada sesuatu hal lain, mereka juga bisa mengatur untuk menunda (Snooze) membaca email atau pengingat. Pengguna bisa mengatur untuk mengesampingkan dan memanggil kembali di lain waktu pada saat yang menurutnya tepat.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement