Kamis 28 May 2015 17:37 WIB

XL Prediksi Trafik Ramadhan dan Lebaran Naik 30 Persen

Dian Siswarini
Dian Siswarini

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG--XL Axiata memastikan kesiapan jariangannya dalam menghadapi Ramadhan dan Lebaran tahun 1436 Hijriah. Pada lebaran tahun ini, kenaikan trafik diperkirakan mencapai 30 persen.

Presiden Direktur dan CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengungkap hal itu di Jakarta, Kamis (28/6). Dari Jakarta, Dian melakukan teleconference dengan para wartawan yang tengah berada di Bukit Tinggi, Semarang, Malang dan Banjarmasin.

Dian menjelaskan trafik harian XL saat ini tercatat 470 juta menit per hari untuk percakapan (voice), 525 juta sms per hari dan 500 terabytes per hari untuk data. Selama ramadhan dan lebaran diperkirakan akan terjadi kenaikan trafilk percakapan 10-15 persenn, SMS 10-15 persen dan data sekitar 20-30 persen.

Di Jawa, kata Dian, kenaikan trafik komunikasi relatif merata antara satu kota dengan kota yang lain. Sementara di luar Jawa, kenaikan trafik yang signifikan biasanya terjadi di Lampung, Sumatera Barat dan Bangka dengan rata-rata kenaikan sebesar 13 persen.

Kenaikan trafik data diprediksi lebih tinggi dibandingkan dengan layanan lain mengingat terjadi perubahan perilaku pelanggan yang semakin aktif menggunakan media sosial. Penggunaan layanan data disebut Dian tidak hanya di kota besar saja, namun juga di pelosok.

XL pada Kamis (28/6) melakukan uji kesiapan jaringan dam layanan secara serentak di wilayah operasionalnya yakni Sumatera Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Kalimantan Selatan.

Menurut Dian, kenaikan trafik komunikasi tidak hanya terjadi di Jawa saja, namun juga berbagai wilayah lain. ''Oleh karena itu kami melakukan uji jaringan di lima wilayah sekaligus memastikan bahwa jaringan kami di seluruh pelosok juga siap menyambut Ramadhan dan Lebaran,'' kata Dian.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement