Kamis 11 Jun 2015 19:59 WIB

Hadapi Ramadhan dan Lebaran, XL Tingkatkan Kualitas Jaringan

Deputy Chief Operation East and North, Kencono Wibowo
Deputy Chief Operation East and North, Kencono Wibowo

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA--PT XL Axiata Tbk meningkatkan kualitas jaringan di wilayah kerjanya menjelang Bulan Suci Ramadhan - Lebaran 2015 guna memenuhi besarnya permintaan masyarakat terhadap komunikasi.

"Untuk memastikan layanan internet dan data yang berkualitas hingga ke pelosok daerah, kami melanjutkan Program Tranformasi Jaringan. Pada tahun 2015 kami menargetkan transformasi jaringan untuk 10 kota selain Jakarta," kata Deputy CCO XL East & North, Kencono Wibowo, di Surabaya, Kamis.

Kota-kota tersebut, ungkap dia, Medan, Palembang, Serang, Pandeglang, Semarang, Yogyakarta, Sidoarjo, Mataram, Banjarmasin, dan Makassar. Program itu dilaksanakan dengan meningkatkan kualitas jaringan melalui desain menyeluruh, implementasi yang tepat waktu.

"Kemudian, dengan akselarasi alih teknologi 2G menuju 3G dan optimasi, serta memadukannya dengan aspek bisnis. Seperti merancang strategi pemasaran, prioritas penjualan dan strategi distribusi yang tepat untuk meraih pengalaman terbaik bagi pelanggan," ujarnya.

Ia menjelaskan, perusahaan itu juga melakukan evaluasi dan pemantauan secara menyeluruh. Untuk mendukung proyek ini, XL telah melakukan pendekatan baru untuk desain jaringan di RAN, transmisi dan core, serta mengimplementasikan teknologi terbaru.

"Hasil dari Transformasi Jaringan bisa langsung dirasakan oleh pelanggan, di antaranya akses internet yang semakin cepat baik di dalam gedung maupun area terbuka, termasuk di dalam rumah, pasar, dan jalan umum," katanya.

Ia optimistis, kecepatan akses internet bisa terus ditingkatkan hingga mencapai 5 Mbps. Program ini juga mampu peningkatan kualitas layanan telepon dan kecepatan pengiriman SMS.

"Jaringan kami sejak beberapa tahun sebelumnya juga telah mengimplementasikan teknologi MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional. Upaya itu untuk melindungi jaringan dari lonjakan trafik pada satu lokasi tertentu? karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik," katanya.

Saat ini, tambah dia, jumlah pelanggan XL east region mencapai 11 juta. Dari jumlah itu sebanyak 60 persennya merupakan pelanggan Data. Selain itu, east region juga telah memiliki jaringan infrastruktur fiber optik untuk mensupport layanan data, serta BTS sebanyak lebih dari 11 ribu BTS (4G/3G/2G)."Seluruh infrastruktur itu menyebar di wilayah Indonesia Timur," katanya.

Di sisi lain, kata dia, operator itu juga menyelenggarakan Program Roadshow Kebahagiaan Ramadhan di pusat perbelanjaan. Melalui cara itu pihaknya dapat bertemu langsung dengan masyarakat misalnya melakukan bazar gadget, experience center, dan aksi sosial.

"Program lainnya, merealisasikan Posko Mudik pada tanggal 14-23 Juli 2015," katanya.

Hal itu, lanjut dia, dengan mendirikan sejumlah posko unik di mana menyediakan layanan untuk mempermudah pelanggan dan masyarakat yang melakukan perjalanan pulang kampung. Bahkan, juga diselenggarakan program mudik untuk para penjual pulsa.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement