Selasa 01 Oct 2019 15:56 WIB

Elon Musk Umumkan Kendaraan untuk Capai Mars

Versi terbaru Starship akan dapat membawa hingga 100 orang ke Mars.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Elon Musk.
Foto: EPA
Elon Musk.

REPUBLIKA.CO.ID,  BOCA CHICA — CEO SpaceX, Elon Musk memiliki kapal ruang angkasa yang diharapkan dapat mencapai planet lainnya di alam semesta. Kapal luar angkasa atau Starship Mk1 yang menjulang tinggi, merupakan sebuah prototipe untuk sistem peluncuran besar SpaceX yang dapat digunakan kembali.

Musk menjelaskan rencana untuk melakukan perjalanan antar planet ini dalam sebuah hari peringatan peluncurkan orbital pertama yang berhasil dari roket pertama SpaceX, Falcon 1. Versi terbaru Starship akan dapat membawa hingga 100 orang ke bulan, Mars atau tujuan lain di luar angkasa atau di sekitar Bumi, katanya. Tingginya 387 kaki (118 meter) dan sepenuhnya dapat digunakan kembali, dengan perputaran cepat.

Baca Juga

Ini adalah roket yang akan membawa pengusaha Jepang Yusaku Maezawa dan beberapa seniman dalam perjalanan mengelilingi bulan pada 2020 mendatang. SpaceX pernah meluncurkan perjalanan wisata ruang angkasa yang direncanakan tahun lalu.

"Ini, saya pikir, hal yang paling menginspirasi yang pernah saya lihat. Saya bangga bahwa ini adalah pekerjaan luar biasa dari tim yang hebat untuk membuat kendaraan luar angkasa ini,” ujar Musk dalam sebuah pernyataan dilansir Space, Selasa (1/10).