Senin 11 Nov 2019 01:00 WIB

Struktur Bangunan Diduga Candi Ditemukan di Indramayu

Masyarakat diminta tidak merusak struktur bangunan diduga candi tersebut.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Nora Azizah
Kepala Balai Arkeologi Bandung, Deni Sutrisna, meninjau temuan bata merah yang diduga struktur bangunan kuno di Desa Sambimaya, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu,  Ahad (10/10). Bata merah di lokasi itu serupa dengan bata merah penyusun candi Batujaya Karawang maupun candi di Trowulan Jawa Timur.
Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
Kepala Balai Arkeologi Bandung, Deni Sutrisna, meninjau temuan bata merah yang diduga struktur bangunan kuno di Desa Sambimaya, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Ahad (10/10). Bata merah di lokasi itu serupa dengan bata merah penyusun candi Batujaya Karawang maupun candi di Trowulan Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Balai Arkeologi (Balar) Bandung turun langsung melihat temuan struktur bangunan diduga candi di Desa Sambimaya, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu. Temuan itu dinilai menarik dan butuh penelitian lebih lanjut.

Tinjauan awal yang dilakukan Balar Bandung itu dipimpin langsung oleh kepalanya, Deni Sutrisna. Kegiatan dilakukan dengan melibatkan tiga orang arkeolog dan pihak dari Yayasan Tapak Karuhun Nusantara pada Sabtu (9/10) sampai Ahad (10/10).

Baca Juga

"Kita baru melakukan tinjauan awal, belum masuk pada tahap ekskavasi," kata Deni, saat ditemui Republika di lokasi temuan struktur bangunan di Blok Dingkel, Desa Sambimaya, Ahad (10/10).

Tinjauan awal itu dibutuhkan sebagai bahan untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai temuan tersebut. Masyarakat pun diminta untuk tidak merusak temuan tersebut.