Sabtu 20 Jul 2013 11:28 WIB

Fosil Dino Aneh Tipe Baru, Bertanduk, Ditemukan di Utah

Rep: Mg04/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Reka ulang wajah dinosaurus baru, Nasutoceratops titusi  dengan imaji komputer berdasar struktur tulang fosil yang ditemukan.
Foto: LUCAS PANZARIN
Reka ulang wajah dinosaurus baru, Nasutoceratops titusi dengan imaji komputer berdasar struktur tulang fosil yang ditemukan.

REPUBLIKA.CO.ID, UTAH – Sebuah dinosaurus berhidung besar dan bertanduk ditemukan di Utah, Amerika Serikat. Tanduk dari fosil tersebut menurut kajiani ilmuwan, mampu mengeluarkan medan magnet untuk menangkal musuh.

Fosil ini digali  di Utah selatan dan telah mendapat pernyataan resmi dari ilmuwan, Rabu (17/7). Hewan purba tersebut masuk dalam spesies Novel, Nasutoceratops titusi, atau   biasa dikenal dengan jenis “wajah besar-hidung bertanduk”.

Ia diketahui sebagai satu-satunya anggota kelompok dinosaurus yang  hidup 76 juta tahun yang lalu pada massa tanah Barat di Amerika Utara. Jenis ini telah terisolasi di sebuah terusan kuno yang langsung berhubungan dengan laut.

Pengungkapan temuan itu disampaikan oleh salah satu ahli paleontologi laut, Scott Sampson.

Pemaparan mengenai dinosaurus jenis baru ini dijelaskan dalam sebuah jurnal di Inggris, Royal Society, sebagai dinosaurus yang tidak diketahui dari cabang sebelumnya, karena tanduk yang  memanjang dari arah mata dan hidungnya yang menonjol.

“Hewan ini aneh, membutuhkan tanduk ke tingkat lain (berbeda dari dinosaurus yang ada)” kata Sampson.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement