REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--XL dan PT Kereta Api Indonesia tengah menjajagi penyediaan layanan wifi di kereta api dan stasiun kereta api. Sebagai pilot project, Wi-Fi akan dipasang di dua rangkaian kereta, yaitu di kereta Argo Parahiyangan dan Argo Jati.
Kedua pihak juga terus menjajagi kemungkinan pengembangan konten Kereta Api Mobile Application (KABILA) untuk pelanggan XL. Untuk meningkatkan layanan pelanggan, XL akan menyediakan layanan untuk memudahkan pelanggan mengakses informasi mengenai pembelian tiket dan jadwal kereta, juga penyediaan jaringan seluler di dalam gerbong maupun stasiun kereta.
Penandatanganan kerjasama berlangsung di Jakarta, Rabu (8/11) masing-masing oleh Direktur Commerce XL, Joy Wahjudi dan Direktur Komersial PT KA, Sulistyo Wimbo Hardjito. Joy Wahjudi menyebut kerja sama dengan PT KAI cukup strategis seiring semakin mobile-nya masyarakat dan juga upaya kedua pihak dalam memaksimalkan layanan bagi pelanggan.
Sementara Wimbo Hardjito mengungkapkan, dengan adanya kerjasama ini, diharapkan para penumpang akan semakin dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang memudahkan mereka. "Ini adalah bentuk layanan tambahan kami kepada para pengguna jasa kereta api, diharapkan mereka semakin nyaman selama menunggu di stasiun dan di atas kereta api selama perjalanan sampai ke tujuan."
Kerja sama ini juga meliputi sejumlah hal, yaitu antara lain penyediaan Telepon Umum Gratis (TUG) di stasiun-stasiun kereta, pemesanan dan pembelian karcis kereta api melalui layanan XL Tunai, serta penempatan branding di dalam kereta.
Melalui kerja sama tersebut XL juga akan menambah dukungan penyediaan sistem komunikasi yang berkualitas bagi PT KA dalam menjalankan operasionalnya sehari-hari. XL antara lain akan penambahan Multi Protocol Label Switching (MPLS) di unit-unit PT KA, yang saat ini sudah meliputi 140 lokasi, dan sisanya kurang lebih 374 lokasi lagi.
Dengan sarana dan jaringan komunikasi yang memadai ini, PT KA akan dapat segera mengembangkan jaringan online antarstasiun dan kantor cabang, yang antara lain dapat dimanfaatkan bagi penyediaan layanan pemesanan dan pembayaran tiket secara elektonik. XL telah menjalin kerja sama dengan PT KAI sejak tahun 1996.