Selasa 31 May 2011 10:29 WIB

Kominfo Diminta Segera Tetapkan Frekuensi LTE

Red: taufik rachman
Ujicoba LTE XL
Foto: XL Axiata
Ujicoba LTE XL

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) diharapkan segera menetapkan frekuensi yang dialokasikan untuk layanan seluler generasi terbaru, long term evolution (LTE).

''Dengan adanya penetapan frekuensi LTE, akan memudahkan operator dalam mempersiapkan implementasi layanan ini kepada masyarakat,'' kata Direktur Network and Services XL, Dian Siswarini. Ia menolak menyebutkan kapan idealnya keputusan ini diambil, apakah tahun ini atau tahun depan.

Dalam pandangan Dian, implementasi LTE memang membutuhkan waktu yang panjang. Ia melukiskan sebelum implementasi, harua ada ekosistem mengenai LTE terlebih dahulu. Sejauh ini, ekosistem LTE sendiri belum terbentuk.

Ihwal penetapan frekuensi untuk LTE, Dian menyatakan bahwa penetapan frekuensi akan menjadi panduan bagi operator dalam menyiapkan LTE. ''Kalau sudah ada penetapan mengenai frekuensi LTE, ini akan memudahkan operator dalam menetapkan teknologi apa yang akan digunakan untuk mendukung layanan itu,'' katanya memberi contoh.