Sabtu 09 Feb 2013 18:24 WIB

Telkomsel Perluas Layanan LBA ke Bali dan Nusa Tenggara

Pelanggan Telkomsel tengah menikmati layanan
Pelanggan Telkomsel tengah menikmati layanan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Telkomsel memperluas layanan LBA (Location Based Advertising)  ke Bali & Nusa Tenggara (Bali Nusra). Telkomsel juga melakukan sosialisasi beragam layanan digital advertising kepada para pelaku bisnis di wilayah Bali Nusra dan sekitarnya.

Layanan digital advertising Telkomsel memudahkan para pelaku bisnis melakukan promosi dari produk atau jasa yang dimiliki, sehingga dapat mendukung usaha industri pada umumnya sekaligus memajukan pariwisata di wilayah Bali Nusra.

LBA adalah sebuah sistem layanan broadcasting advertising yang menggunakan channel media mobile seperti SMS dan MMS dengan menggunakan informasi lokasi target audience di area tertentu. Selain di Bali Nusra juga telah tersedia di kota Jakarta, Surabaya, Bandung, Palembang dan Medan.

Menurut Head of Digital Advertising Group Adrian Suherman, keunggulan menggunakan sistem layanan LBA ini diantaranya, target SMS iklan yang dikirimkan ke pelanggan dapat lebih terukur, karena disesuaikan dengan lokasi pelanggan berada.

Disamping itu, segmentasi pelaku bisnis yang melakukan SMS iklan melalui sistem layanan LBA tidak terbatas hanya pada pelanggan korporat (corporate subscriber), namun juga bisa dilakukan pada personal advertiser atau small medium enterprise.

''Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi para pelaku industri untuk mengembangkan bisnisnya, sesuai dengan target market yang diinginkan,” kata Adrian.

Produk–produk digital advertising selain LBA, yang telah ready untuk digunakan oleh para pelaku bisnis, diantaranya Bulk SMS / MMS suatu ayanan pengiriman berbasis SMS (Short Message Service), MMS (Multimedia Messaging), dan USSD yang dikirimkan oleh pelaku bisnis melalui media seller untuk keperluan info atau promo  kepada pelanggan yang termasuk kedalam member atau komunitas.

Targeted SMS/MMS, layanan yang memberikan info dan promo terbaru dari pelaku bisnis mengenai barang atau jasa, baik dalam bentuk SMS (Short Message Service) ataupun MMS (Multimedia Messaging) dalam jumlah tertentu, dan dalam satu waktu pengiriman kepada pelanggan yang memiliki profile tertentu. Profile tersebut meliputi umur, jenis kelamin, besar penggunaan pulsa per bulan, handset, kota atau telco behavior.

Display Ads, layanan yang memungkinkan pelaku bisnis untuk memasang iklan berbentuk banner di halaman paling atas, saat pelanggan melakukan akses mobile internet tertentu melalui handset. Dengan syarat iklan berbentuk banner tersebut tidak mengganggu halaman mobile internet.

Billing Insertion,layanan yang memungkinkan pelaku bisnis untuk memasang info promosi yang disisipkan di dalam tagihan pelanggan, baik itu melalui kertas tagihan maupun email billing yang dikirimkan ke setiap pelanggan kartuHALO.  Info promosi dapat berupa banner di body email, attachment atau sisipan dalam amplop tagihan.

USSD Insertion (Cek Pulsa), layanan yang memungkinkan bagi pelaku bisnis untuk mengirimkan info promosi berupa text melalui USSD Channel, dimana info promosi akan disisipkan pada layer terakhir UMB.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement