Kamis 30 May 2013 22:50 WIB

Siswi SMAN 109 Desain Ondel-Ondel 'Modis'

Rep: Irfan Abdurrahmat/ Red: Dewi Mardiani
Ondel-ondel. Ilustrasi.
Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Ondel-ondel. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Desainer muda Jakarta Selatan, Ida Ayu Sri Devi, yang berasal dari Sekolah Menengah Atas Negeri 109 Jakarta Selatan ini ditugaskan mendesain ondel-ondel untuk Pagelaran Jakarnaval 2013. Dia masuk ke dalam daftar peserta yang mewakilkan sekolahnya untuk persiapkan Jakarnaval ini.

Untuk Jakarta Selatan mendapatkan bahan dasar anyaman akar wangi dan daun lontar. Dengan sigapnya gadis yang hobi membaca ini memutar akal untuk mempersiapkan model baju ondel-ondelnya. Dia mengatakan, kesan seram pada ondel-ondel ini ingin dihilangkan.

"Selama ini anak muda menilai ondel-ondel itu sebuah bentuk yang menyeramkan, nah itu yang ingin aku ganti," celotehnya. Devi pun mulai mengeluarkan idenya menjadikan ondel-ondel sebagai suatu bentuk yang modis dan manis.

Sontak para instruktur pun dibuat kaget oleh ide Devi ini. "Temanya kan keajaiban ondel-ondel, ya udah tuh aku desain aja ondel-ondel ceweknya jadi modis dan manis. Eh, aku langsung ditegur sama kakak instrukturnya," ungkapnya kesal.

Dia mengatakan, kakak instruktur inginnya kesan tegas dari ondel-ondelnya harus tetap ada. Devi menjelaskan, design yang digarapnya terlalu feminim sekali. Devi pun mengakalinya dengan bermain di bagian aksesoris dan make up. "Biar keliatan tidak terlalu feminin nantinya," terangnya.

Workshop yang diikutinya ini merupakan kegiatan yang keempat untuk persiapan Jakarnaval nanti. Workshop sebelumnya diadakan pada 28 April, 5, 12, 25 hingga 26 Mei 2013 lalu. Dalam selang waktu tiga minggu, Devi mampu menyelesaikan keseluruhan desain baju ondel-ondel ini. Dia mengakui, tinggal sentuhan akhir sedikit di bagian aksesoris saja.

Dia mengatakan, dua atau tiga hari ke depan seluruh bagian-bagian kostumnya akan selesai dijahit. Devi sudah tidak sabar menggunakan pakaian yang dia sendiri perancangnya. "Bakalan aku simpan baju ondel-ondel ini. Bangga sekali aku nanti pas memakainya. Sambil berdecak kagum aku mau bilang sama saudara-saudara aku 'ini aku yang rancang loh'," ungkapnya bersemangat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement