Selasa 18 Jun 2013 18:44 WIB

Ondel-ondel Modern Meriahkan Jakarnaval 2013

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Hazliansyah
Joko Widodo
Foto: Reuters/Enny Nuraheni
Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memeriahkan HUT Jakarta yang ke-486, pemerintah provinsi DKI akan menggelar Jakarnaval. Dalam kegiatan tersebut akan dipamerkan beragam ondel-ondel namun dengan design yang lebih modern.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, kegiatan yang akan dilaksanakan pada 30 Juni mendatang ini akan diikuti oleh 1500 peserta. Para peserta adalah siswa SMA yang berasal dari Jakarta, Jember, Magelang, Subang, Kalimantan, dan Banyumas.

"Pesertanya sudah disiapkan sejak empat bulan lalu dengan workshop," kata dia di Balai Kota, Selasa (18/6).

Menurut dia, dalam workshop tersebut, peserta belajar desain dan merangkai akseoris. Material yang digunakan untuk membuat ondel-ondel itu, lanjut dia, berasal dari bahan yang ramah lingkungan.

Mantan Wali Kota Solo ini menambahkan, ondel-ondel modern rancangan siswa SMA itu akan melakukan parade dari halaman Balai Kota hingga Bundaran HI, mulai dari pukul 14.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Jakarnaval tahun ini, sengaja mengangkat tema ondel-ondel sebagai ikon budaya Betawi. Kedepannya, Jakarnval juga akan mengusung tema budaya lain seperti Tanjidor dan Gambang Kromong. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement