Kamis 04 Feb 2016 03:51 WIB

Menyaksikan GMT dari Jembatan Ampera

Rep: Maspril Aries/ Red: Damanhuri Zuhri
Jembatan Ampera
Foto: Antara
Jembatan Ampera

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Menyongsong terjadinya fenomena alam gerhana matahari total (GMT) pada 9 Maret 2016, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan mempersiapkan paket wisata menarik bagi wisatawan yang datang ke Palembang.

“Wisatawan yang berkunjung ke Palembang khususnya wistawan mancanegara yang datang menyaksikan GMT pada 9 Maret 2016 akan mendapat kesempatan keliling kota Palembang melihat destinasi wisata yang ada,” kata Irene Camelyn Pelakana tugas (Plt) Kepala Disbudpar Sumsel, Rabu (3/2).

Irene Camelyn menjelaskan, wistawan mancanegara yang datang pada 9 Maret bisa menyaksikan fenomena alam GMT dari atas jembatan Ampera sambil menikmati sarapan pagi.

“Setelah itu para wisatawan akan berkililing melihat heritage di Palembang termasuk berwisata mengarungi sungai Musi,” ujarnya.

Saat mengikuti paket wisata mengarungi sungai Musi, wisatawan akan diajak mendatangi destinasi wisata kawasan kuliner khas Palembang di Kelurahan 1 Ulu, kemudian Kampung Kapitan, Kampung Arab Al-Munawar di 13 Ulu. Juga mendatangi kerajinan tekstil di 10 Ulu Palembang dan 34-35 Ilir Palembang.

“Semua lokasi yang akan didatangi wisatawan tersebut berada di tepi sungai Musi. Wisatawan diajak berkeliling dengan menggunakan kapal mengarungi sungai Musi,” kata mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Sumsel.

Saat berada di Kampung Arab Al-Munawar di kawasan 13 Ulu Palembang, menurut Irene para wisatawan bisa menikmat sajian makanan dan kerajinan khas Arab.

“Di tempat ini merupakan kawasan pemukiman keluarga dari keturunan Arab sekaligus merupakan kawasan heritage yang memiliki banyaknya rumah panggung tua berusia mencapai 200 tahunan,” kata Irene.

Untuk menyambut kunjungan wisatawan mancanegara, Disbudpar Sumsel bergerak melakukan sosialisasi kepada warga yang bermukim di Kampung Arab Al-Munawar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement