Selasa 11 Oct 2016 23:07 WIB

'Indonesia Kekurangan 110 Ribu Insinyur'

Red: Hafidz Muftisany
Insinyur (ilustrasi)
Foto: Pii.or.id
Insinyur (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Persatuan Insinyur Indonesia (PII) menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) sejak Senin (10/11) hingga Selasa (11/10).

Ketua Umum PII Dr Hermanto Dardak mengatakan tema dari Rapimnas kali ini adalah Melaksanakan Kerjasama Program Profesi Insinyur. Hermanto menyebut Rapimnas kali ini harapannya bisa menyediakan sejumlah insinyur yang berkualitas untuk mendukung pembangunan insfrastuktur.

Hermanto menyebut sejatinya Indonesia kekurangan 110 ribu insinyur. Ia menjelaskan pada 2014 diperkirakan sarjana teknik Indonesia sebanyak 750 ribu orang. "Tidak semua sarjana teknik itu insinyur," papar dia dalam keterangannya kepada Republika.co.id

Sementara data PII menunjukkan insinyur yang terdaftar di PII hanya 27 ribu.Ia mengatakan kalkulasi untuk program pembangunan selama lima tahun mendatang, Indonesia kekurangan 110 ribu insinyur.

Minat yang rendah terhadap profesi insinyur menjadi perhatian khusus PII. "Di masa depan kekurangan ini akan menjadi ancaman serius yang bisa membuat daya saing Indonesia turun," ujar dia.

Hermanto menyebut, guna menggenjot jumlah insinyur di Indonesia,PII siap bekerjasama dengan perguruan tinggi dan industri sesuai dengan amanat UU No 11 tahun 2014.

Wakil Ketua Umum PII Heru Dewanto menegaskan UU Keinsinyuran mengamanatkan setiap insinyur di Indonesia harus terdaftar dan memiliki sertifikasi melalui PII. 

Sertifikasi insinyur,papar Heru, guna memastikan kualitas para insinyur di Indonesia. “Bayangkan apabila ada jalan yang rusak, atau JPO ambruk seperti di Pasar Minggu, tanpa peraturan yang jelas, maka tidak ada yang mau bertanggung jawab. Nah dengan sertifikasi ini, kami ingin agar profesi Insinyur juga berkontribusi terhadap keselamatan dan kenyamanan publik," papar dia.

Heru menambahkan, sertifikasi ini tidak hanya bertujuan melindungi masyarakat pengguna infrastruktur, namun juga melindungi profesi insinyur.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقَطَّعْنٰهُمُ اثْنَتَيْ عَشْرَةَ اَسْبَاطًا اُمَمًاۗ وَاَوْحَيْنَآ اِلٰى مُوْسٰٓى اِذِ اسْتَسْقٰىهُ قَوْمُهٗٓ اَنِ اضْرِبْ بِّعَصَاكَ الْحَجَرَۚ فَانْۢبَجَسَتْ مِنْهُ اثْنَتَا عَشْرَةَ عَيْنًاۗ قَدْ عَلِمَ كُلُّ اُنَاسٍ مَّشْرَبَهُمْۗ وَظَلَّلْنَا عَلَيْهِمُ الْغَمَامَ وَاَنْزَلْنَا عَلَيْهِمُ الْمَنَّ وَالسَّلْوٰىۗ كُلُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا رَزَقْنٰكُمْۗ وَمَا ظَلَمُوْنَا وَلٰكِنْ كَانُوْٓا اَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُوْنَ
Dan Kami membagi mereka menjadi dua belas suku yang masing-masing berjumlah besar, dan Kami wahyukan kepada Musa ketika kaumnya meminta air kepadanya, “Pukullah batu itu dengan tongkatmu!” Maka memancarlah dari (batu) itu dua belas mata air. Setiap suku telah mengetahui tempat minumnya masing-masing. Dan Kami naungi mereka dengan awan dan Kami turunkan kepada mereka mann dan salwa. (Kami berfirman), “Makanlah yang baik-baik dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu.” Mereka tidak menzalimi Kami, tetapi merekalah yang selalu menzalimi dirinya sendiri.

(QS. Al-A'raf ayat 160)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement