Sabtu 05 Nov 2016 15:17 WIB

Persija Juga Ingin Amankan Tiga Angka

Red: Israr Itah
Persija Jakarta
Foto: Indonesiansc.com
Persija Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duel sengit diprediksi bakal tersaji di Stadion Manahan, Solo. Sabtu (5/11) petang ini dalam laga lanjutan Indonesia Soccer Championship (ISC) A. Bukan hanya Persib yang mengincar kemenangan, melainkan juga Macan Kemayoran.

"Kami sebagai tuan rumah tentunya punya keinginan merebut kemenangan, walau kita tahu Persib adalah tim yang cukup bagus dan pelatih Djadjang (Nurdjaman) pun bagus," ujar pelatih Persija M Zein Alhadad, dikutip dari laman resmi Persib, Jumat (4/11).

Macan Kemayoran bertekad mengakhiri catatan selalu kalah pada tiga laga terakhir, sekaligus menjaga gengsi dari rival lama. Persija tak pernah menang atas Persib sepanjang lima tahun terakhir. Kemenangan terakhir Macan Kemayoran diraih saat pertemuan kedua pada Liga Super Indonesia musim 2010/2011. Kala itu, Persija menang 3-2.

Namun, usaha Persija mendulang poin sempurna saat bentrok dengan Persib diadang absennya sejumlah pemain yang beroperasi di lini belakang. Mulai dari kiper Andritany Ardhiyasa dan bek Gunawan Dwi Cahyo yang masih membela timnas Indonesia, Andik Rendika Rama dan William Pacheco yang terkena akumulasi kartu kuning, sampai Ismed Sofya yang belum pulih dari masalah pencernaan yang melandanya sejak pekan lalu.

Absennya lima pemain ini membuat Mamak, panggilan Alhadad, hanya memiliki tiga penggawa di lini belakang. Mereka, yaitu Vava Mario Yagalo, Maman Abdulrahman, dan M Idham Jauhari.

Melihat situasi itu, besar kemungkinan Hong Soon-hak akan ditarik ke belakang menemani Maman Abdulrahman. Vava Mario Yagalo akan dimainkan di posisi bek kiri didampingi Novri Setiawan yang di pekan sebelumnya bermain di posisi bek kanan. Opsi lain, memaksimalkan Syahroni di posisi bek tengah.

Lini belakang bermasalah, Persija Jakarta diprediksi bakal mengandalkan kekuatan lini tengahnya saat meladeni Persib Bandung. Kembalinya Sutanto Tan dari sanksi akumulasi kartu kuning akan menambah kekuatan lini tengah Macan Kemayoran. Terlebih, di kubu lawan akan kehilangan Hariono yang harus diparkir karena sanksi akumulasi kartu kuning.

Akan tetapi, lini tengah Persija juga tak prima. Ramdani Lestaluhu yang berposisi sebagai gelandang sayap kanan belum bisa dipastikan main. Begitu pula Greg Nwokolo sebagai penuntas serangan.

Meski sudah berlatih bersama tim, kondisi Ramdani belum kembali pulih 100 persen usai dibekap cedera lutut yang didapatnya saat bersiap melakoni laga kontra Sriwijaya FC. Sementara Greg dikabarkan bermasalah dengan engkelnya.

Meski begitu, M Zein Alhadad mengungkapkan bahwa dua pemainnya itu punya peluang yang besar untuk dimainkan. "Ada peningkatan yang positif pada kondisi Ramdani Lestaluhu. Sedangkan Greg Nwokolo kondisinya masih akan dipantau sampai waktu jelang laga digulir," ujar Mamak

Sejak berganti komando dari Paulo Camargo ke Alhadad, Persija tercatat lambat panas. Dari 11 gol yang dihasilkan, 45 persen dihasilkan pada 15 menit terakhir sebelum laga bubar.

Kondisi itu sendiri harus dihindari saat berjumpa dengan Persib Bandung. Pasalnya, Persib Bandung yang diasuh Djajang Nurjaman justru hanya kebobolan satu gol pada 15 menit terakhir laga sepanjang putaran kedua ISC A.

Lebih jauh, Persija harus waspada pada babak kedua mengingat empat di antara 80 persen gol Persib tercipta pada 15 menit terakhir laga. Statistik kebobolan Macan Kemayoran pada babak kedua sejak Alhadad pun kurang baik. Sudah delapan gol bersarang di gawang Persija yang membuat total kebobolan mereka menjadi 14 gol.

 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ وَّخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيْرًا وَّنِسَاۤءً ۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِيْ تَسَاۤءَلُوْنَ بِهٖ وَالْاَرْحَامَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا
Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)-nya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta, dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.

(QS. An-Nisa' ayat 1)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement