Jumat 08 Feb 2019 17:38 WIB

Legenda Liverpool Ini Beri Pelatihan pada Anak Indonesia

Untuk jadi pemain profesional, seorang pemain harus kuat secara fisik dan mental.

Red: Endro Yuwanto
Legenda Liverpool FC Vladimir Smicer (tengah) memimpin sesi latihan bersama SMPIT Taruma Islamic School Football Academy, di Jakarta, Jumat (8/2/2019).
Foto: Antara/Aprillio Akbar
Legenda Liverpool FC Vladimir Smicer (tengah) memimpin sesi latihan bersama SMPIT Taruma Islamic School Football Academy, di Jakarta, Jumat (8/2/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain sepak bola yang menjadi legenda klub Liverpool, Vladimir Smicer, memberikan sesi pelatihan singkat bagi anak-anak di Jakarta. Aksi ini sebagai bentuk dukungan pengembangan sepak bola di Indonesia.

Pada kegiatan yang diinisiasi AXA Mandiri di Jakarta, Jumat (8/2), pesepak bola asal Republik Ceska itu melatih dan memberikan arahan serta tips kepada puluhan anak dari sejumlah lembaga pelatihan sepak bola.

"Olahraga adalah hidup saya, untuk menjaganya saya tetap melakukan kegiatan seperti hoki es, renang, tenis, dan badminton. Ini untuk menjaga stamina," kata Vladi saat ditanya cara untuk menjaga stamina di usianya yang kini menginjak 45 tahun.

Selain itu, Vladi juga sangat memperhatikan asupan makanan dan minuman agar terhindar dari masalah kesehatan mengingat usianya yang tidak lagi muda. Cara tersebut tidak lupa ia bagikan kepada anak-anak yang mengikuti sesi pelatihan, sehingga bisa menginspirasi dan mendorong semangat anak-anak agar bisa menjadi pemain sepak bola profesional.

"Harus kerja keras untuk menjadi pemain profesional, baik secara fisik dan mental pun harus kuat. Termasuk lakukan latihan rutin dan asupan makanan," jelas Vladi.

Tidak lupa, Vladi juga menceritakan kisah hidupnya dari masa kecil hingga akhirnya mencapai tingkat pemain profesional kepada peserta latihan. Ini agar menjadi inspirasi positif bagi anak-anak.

"Saya main dari umur enam tahun di desa, sekitar umur 13 atau 14 tahun saya mulai berpikir untuk serius di sepak bola dan berkarier di jalur ini," jelas Vladi. "Dan di umur 18 tahun, akhirnya saya memutuskan untuk menandatangani kontrak di klub sepak bola dan meninggalkan pilihan untuk kuliah."

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement