Jumat 25 Oct 2019 21:31 WIB

Suhu Udara di Ciayumajakuning Mulai Turun

Penurunan suhu diperkirakan terus berlangsung hingga masuk musim penghujan.

Rep: Lilis Handayani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ruang pengawasan BMKG (ilustrasi)
Foto: Antara Foto
Ruang pengawasan BMKG (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA -- Suhu udara panas yang melanda wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan) beberapa hari terakhir mulai menurun. Penurunan suhu itu akan terus berlangsung hingga masuk masa pancaroba (peralihan) dari musim kemarau ke penghujan.

"Terpantau siang ini suhu maksimum (di Ciayumajakuning) capai 37 celcius,’’ ujar Forecaster BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati, Kabupaten Majalengka, Ahmad Faa Izyn, kepada Republika, Jumat (25/10).

Suhu udara saat ini turun cukup signifikan dibandingkan tiga hari lalu. Pada Selasa (22/10), suhu udara maksimum di Ciayumajakuning merata mencapai 39 C. Suhu saat itu bahkan merupakan suhu udara tertinggi di wilayah tersebut dalam lima tahun terakhir.

Pria yang disapa Faiz itu mengatakan, penurunan suhu udara di Wilayah Ciayumajakuning akan terus terjadi hingga datangnya masa pancaroba.

Pada masa tersebut, biasanya ditandai dengan turunnya hujan yang deras dalam waktu singkat pada siang menjelang sore hari.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ اِلَى الْكَعْبَيْنِۗ وَاِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوْاۗ وَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَاۤءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَاۤىِٕطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَاۤءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَيْدِيْكُمْ مِّنْهُ ۗمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِّنْ حَرَجٍ وَّلٰكِنْ يُّرِيْدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهٗ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan salat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur.

(QS. Al-Ma'idah ayat 6)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement