Kamis 12 Dec 2019 14:06 WIB

Tol Layang Selesai, Perjalanan Jakarta-Bandung Normal Lagi

Tanpa hambatan, waktu tempuh Jakarta-Bandung kembali normal menjadi tiga jam.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Friska Yolanda
Sejumlah pekerja melakukan pengerjaan perbaikan sisi sambung jalan Tol layang Jakarta-Cikampek II (Elevated), di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (11/12/2019).
Foto: Antara/Risky Andrianto
Sejumlah pekerja melakukan pengerjaan perbaikan sisi sambung jalan Tol layang Jakarta-Cikampek II (Elevated), di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (11/12/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Presiden Jokowi dijadwalkan meresmikan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) layang pada hari ini, Kamis (12/12). Dengan dibukanya tol layang, jarak tempuh Jakarta-Bandung akan kembali normal.

Kepala Dishud Jabar Hery Antasari mengatakan, selama ini waktu tempuh Jakarta-Bandung mencapai lima jam akibat pekerjaan tol tersebut. Namun, tidak adanya lagi hambatan, perjalanan kembali normal sekitar tiga jam.

“Sekarang saja tanpa Japek II karena hambatan sampingnya sudah tidak ada, sudah 3 jam lagi jakarta-Bandung,” katanya, Kamis.

Setelah resmi dibuka Presiden Jokowi, operasional tol tersebut baru bisa dimanfaatkan masyarakat umum pada 20 Desember mendatang. Jika jalan layang beroperasi otomatis akan ada 15 ribu kendaraan nonbus dan angkutan berat yang bisa memanfaatkan fasilitas tol baru ini.

Hery mengatakan, jalan tol layang ini saat dibuka nanti hanya dikhususnya untuk kendaraan kecil pribadi bukan untuk angkutan berat atau nonbus. Menurut Hery, keberadaan Japek layang akan membuat jarak tempuh dari arah Timur ke Jakarta semakin cepat.

Pemprov Jabar telah mengantisipasi kehadiran tol layang ini dengan mengkonsolidasikan pengaturan lalu lintas di luar tol terutama di ruas provinsi. “Kewenangan kami hanya itu, tapi data-data terkait Japek II ini juga harus mengetahui,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement