Kamis 23 Jan 2020 01:26 WIB

'Parasite' Cetak Sejarah di Screen Actors Guild Awards 2020

Parasite menjadi film berbahasa asing pertama yang menangkan penghargaan SAG Awards.

Rep: Thomas Rizal (cek n ricek)/ Red: Thomas Rizal (cek n ricek)
Sutradara Bong Joon-ho (kanan) berfoto bersama aktor film Parasite di ajang SAG Awards di Shrine Auditorium di Los Angeles, California, Amerika Serikat, pada 19 Januari 2020.
Foto: EPA-EFE/David Swanson
Sutradara Bong Joon-ho (kanan) berfoto bersama aktor film Parasite di ajang SAG Awards di Shrine Auditorium di Los Angeles, California, Amerika Serikat, pada 19 Januari 2020.

CEKNRICEK.COM -- Film asal Korea Selatan, Parasite (2019) mencetak sejarah dalam ajang Screen Actors Guild Awards (SAG Awards) 2020. Film yang disutradarai Bong Joon-ho itu menjadi film berbahasa asing pertama yang memenangkan penghargaan pemeran film terbaik (Outstanding Performance by a Cast).

Parasite mengalahkan nomine lainnya yakni Bombshell, The Irishman, Once Upon a Time in Hollywood dan Jojo Rabbit. Malam penganugerahan telah dilaksanakan di Shrine Auditorium and Expo Hall, Los Angeles, California, Minggu (19/1).

SAG Awards sendiri merupakan ajang penghargaan tertinggi bagi dunia keaktoran di Amerika yang dilaksanakan tahunan oleh serikat aktor Amerika Serikat, Screen Actor Guilds (SAG). Jika Golden Globe dinilai oleh para jurnalis yang berkecimpung di lingkungan Hollywood (Hollywood Foreign Press Association atau HFPA), maka SAG dianggap sebagai apresiasi dari sesama aktor ke aktor lainnya.

Baca Juga: Daftar Nominasi Academy Awards 2020, Dominasi 'Joker' Berlanjut

Beberapa nama yang memenangi Golden Globe 2020 dan kini masuk nominasi Academy Award 2020 juga memenangi penghargaan SAG Awards. Diantaranya adalah Joaquin Phoenix (Joker) yang kembali memenangi penghargaan Aktor Utama Pria Terbaik. Juga Renee Zellweger (Judy) yang memenangi penghargaan Aktor Utama Wanita Terbaik.

SAG Awards juga memberikan penghargaan untuk kategori televisi. Serial Netflix, The Crown didaulat sebagai Drama Televisi Terbaik. Sementara The Marvelous Mrs. Maisel dari Amazon juga membawa pulang piala sebagai Komedi TV Terbaik.

Daftar Lengkap Pemenang SAG Awards 2020:

Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture: Parasite

Outstanding Performance by a Male Actor in a Leading Role: Joaquin Phoenix - Joker

Outstanding Performance by a Female Actor in a Leading Role: Renee Zellweger - Judy

Outstanding Performance by a Male Actor in a Television Movie or Miniseries: Sam Rockwell - Fosse/Verdon

Outstanding Performance by an Ensemble in a Drama Series: The Crown - Netflix

Outstanding Performance by a Male Actor in a Drama Series: Peter Dinklage - Game of Thrones

Outstanding Performance by a Female Actor in a Drama Series: Jennifer Aniston - The Morning Show

Outstanding Performance by a Female Actor in a Television Movie or Miniseries: Michelle Williams - Fosse/Verdon

Outstanding Performance by a Male Actor in a Supporting Role: Brad Pitt - Once Upon a Time in a Hollywood

Outstanding Performance by a Female Actor in a Supporting Role: Laura Dern - Marriage Story

Outstanding Performance by an Ensemble in a Comedy Series: The Marvelous Mrs. Maisel (Amazon)

Outstanding Performance by a Female Actor in a Comedy Series: Phoebe Waller-Bridge - Fleabag

Outstanding Performance by a Male Actor in a Comedy Series: Tony Shalhoub - The Marvelous Mrs. Maisel

Sutradara Bong Joon-ho (kanan) berfoto bersama aktor film Parasite di ajang SAG Awards di Shrine Auditorium di Los Angeles, California, Amerika Serikat, pada 19 Januari 2020. EPA-EFE/David Swanson

Outstanding Action Performance by a Stunt Ensemble in a Motion Picture: Avengers: Endgame

Outstanding Action Performance by a Stunt Ensemble in a Comedy or Drama Series: Game of Thrones

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ اِذَا جَاۤءَكَ الْمُؤْمِنٰتُ يُبَايِعْنَكَ عَلٰٓى اَنْ لَّا يُشْرِكْنَ بِاللّٰهِ شَيْـًٔا وَّلَا يَسْرِقْنَ وَلَا يَزْنِيْنَ وَلَا يَقْتُلْنَ اَوْلَادَهُنَّ وَلَا يَأْتِيْنَ بِبُهْتَانٍ يَّفْتَرِيْنَهٗ بَيْنَ اَيْدِيْهِنَّ وَاَرْجُلِهِنَّ وَلَا يَعْصِيْنَكَ فِيْ مَعْرُوْفٍ فَبَايِعْهُنَّ وَاسْتَغْفِرْ لَهُنَّ اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
Wahai Nabi! Apabila perempuan-perempuan yang mukmin datang kepadamu untuk mengadakan bai‘at (janji setia), bahwa mereka tidak akan mempersekutukan sesuatu apa pun dengan Allah; tidak akan mencuri, tidak akan berzina, tidak akan membunuh anak-anaknya, tidak akan berbuat dusta yang mereka ada-adakan antara tangan dan kaki mereka dan tidak akan mendurhakaimu dalam urusan yang baik, maka terimalah janji setia mereka dan mohonkanlah ampunan untuk mereka kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. Al-Mumtahanah ayat 12)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement